Permainan Meningkatkan Memori Visual Anak

Apakah anak Anda kesulitan memahami bacaan atau sekedar menyalin tulisan dari papan tulis ke buku catatan, padahal sudah kelas atas dan bukan yang belum bisa menulis dan membaca dan tidak rabun juga.  Mungkinkah anak Anda punya masalah di memori visual? 

Permainan melatih memori visual anak

Baca juga Latih keterampilan memori auditori anak

Mengenal Memori Visual

Memori Visual merupakan sebuah kemampuan untuk mengingat apa yang telah dilihat mata. Disaat kita melihat sesuatu, maka mata akan mengirim sinyal ke otak kemudian diungkap dan dipahami. 

Memori visual diperlukan untuk sebagian besar tugas akademik terutama membaca dan menulis.

Ada empat macam keterampilan memori visual khusus yang diperlukan dalam membaca dan menulis, yaitu 

(1). memori sensorik visual yang melibatkan salah satu panca indera untuk mengambil sebuah informasi, misalnya mengingat gambar dalam waktu singkat. 

(2). Memori kerja visual, misalnya mengingat urutan peristiwa dalam waktu singkat.  

(3). Memori spasial visual, yaitu membuat gambar informasi dalam pikiran, misalnya Memahami gambar sebuah peristiwa. 

(4). Memori sekuensial visual, yaitu proses mengingat objek, huruf dan lain-lain dalam sebuah urutan yang benar.

Namun memori visual hanyalah salah satu aspek persepsi visual dari beberapa bagian lainnya seperti :

(1). Diskriminasi visual yaitu kemampuan untuk melihat persamaan dan perbedaan dalam berbagai hal.

(2). Persepsi bentuk dan figur ground yaitu kemampuan membedakan benda dan bentuk dan fokus pada beberapa objek dalam berbagai kondisi misalnya tertutup sebagian, saling menghalangi, menumpuk dan sebagainya

(3). Persepsi kedalaman yaitu memprediksi seberapa jauh jarak satu sama lain.

(4). Analisis dan sintesis visual yaitu melihat pola termasuk menyatukannya.

Apakah memori visual dapat dilatih? Yuk bangun memori visual melalui aktivitas permainan.

Permainan melatih memori visual

Berikut beberapa permainan yang bisa dicoba bersama anak-anak untuk melatih kemampuan memori visualnya :

1. Kartu Memori

Cetak banyak gambar dengan jumlah masing-masing dua lembar. Setelah itu susun acak semua gambar secara tertutup.  

Permainan dilakukan dengan mencoba mencari dua gambar yang sama persis. Gambar yang salah dipilih (dibuka) harus ditutup kembali. Jumlah, jenis gambar yang dimainkan bebas, dapat disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak Anda.

2. Dimana Aku?

Letakkan beberapa gambar secara acak dan terbuka. Biarkan sekitar 10-15 detik anak Anda melihatnya. Selama melihatnya anak diminta mengingat gambar apa saja tanpa perlu menyebutkan objek dengan bersuara keras dengan tujuan lebih fokus ke visual dibandingkan auditori.

Setelahnya tutup gambar tersebut dan minta anak menyebutkan objek yang mereka ingat secara berurutan, atau apa saja yang mereka ingat juga bisa saja Anda yang menunjuk terlebih dahulu baru kemudian anak menjelaskan. 

Permainan melatih memori visual anak

Anda dapat membuatnya lebih sulit atau semudah mungkin untuk merangsang anak Anda.

3. Gelas Bergerak

Permainan ini sangat menyenangkan dimainkan dalam semua situasi dan usia. Permainan ini memerlukan kecepatan tangan laksana permainan sulap.

Permainan melatih memori visual anak

Ambil beberapa gelas atau cangkir berbentuk dan bermotif sama agar dapat menyembunyikan barang di dalamnya tanpa terlihat dari luar. Jumlahnya bebas sesuai dengan yang dikehendaki.

Cara memainkannya adalah dengan meletakkan sebuah benda dibawah salah satu gelas posisi terbalik. Gerakkan gelas-gelas tersebut dengan cepat, kemudian setelah dirasa cukup, anak diminta menebak posisi barang berada di gelas yang mana.   

Permainan ini dapat merangsang fokus dan memori visual anak.

4. Ingat, Gambar, Tuliskan dan Ucapkan!

Anda dapat meletakkan beberapa gambar atau objek secara berurutan. Kemudian minta anak melihat dan mengingatnya dalam beberapa detik.  

Setelahnya Anda minta anak berbalik kemudian menggambarnya berurutan sesuai dengan susunan yang mereka lihat. Selain menggambar, anak juga boleh menuliskan atau cukup mengucapkan.  

5. Awasi Gambar

Tunjukkan sebuah gambar seni, sebuah lukisan atau bisa juga sebuah gambar ilustrasi. Berikan waktu kepada anak selama 30 detik hingga 1 menit untuk memperhatikan secara detil.  

Permainan melatih memori visual anak

Kemudian Anda meminta mereka menjelaskan gambar yang mereka lihat. Anda dapat menanyakan bagaimana polanya, berapa garisnya, ada warna apa saja, karakter yang ditemukan, menceritakan isi gambar dan sebagainya.

6. Tebak Aku

Permainan ini hanya membutuhkan mata. Perhatikan sekeliling, buatlah sebuah tebakan pada sebuah objek yang berada di sana. kemudian minta anak Anda menebak dan menunjukkan objek yang dimaksud.

Permainan ini membuat anak fokus sekaligus mengingat objek yang dimaksud.

7. Puzzle

Puzzle merupakan permainan visual yang menuntut fokus dan konsentrasi. Sesuaikan jumlah keping dan tantangan puzzle dengan usia dan kemampuan anak.

Tantang anak memperhatikan gambarnya lebih dulu, kemudian minta mereka menyusun puzzle tanpa melihat kembali gambar awalnya hingga puzzle selesai disusun.

8. Tirukan Aku

Anda dapat menunjukkan beberapa gerakan, kemudian minta mereka mengulangi gerak yang telah Anda contohkan sebelumnya. 

Permainan melatih memori visual anak

Anda juga dapat memberikan tantangan dengan metode cermin. Misalnya jika Anda menggerakkan tangan kanan, maka mereka menggerakkan tangan kiri. Seru bukan?!

9. Temukan Perbedaannya

Anda dapat menemukan secara online. Berikan dua gambar yang terlihat sama persis namun kenyataannya memiliki beberapa perbedaan.  

Permainan melatih memori visual anak

Anak dapat memberi tanda gambar yang berbeda. Andapun dapat memberikan tantangan dengan memberikan waktu terbatas saat mereka menemukan perbedaan dari gambar tersebut.

10. Gambarkan Ulang

Permainan ini terlihat susah-susah mudah. Anda dapat menunjukkan sebuah gambar kepada anak. Jenis gambar yang Anda perlihatkan sesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Berikan beberapa waktu untuk mereka mengamati setelahnya minta mereka menggambarkan ulang tanpa melihat gambar awal.

Perhatikan bagaimana mereka mengingat bentuk, warna atau apapun detil dari setiap goresan. Permainan ini bukan saja merangsang memori visual anak, namun fokus dan konsentrasi mereka sangat diuji.

Setiap permainan ini tentu saja sangat bermanfaat melatih memori visual anak Anda, lakukan dengan bersemangat bersama mereka.  



*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Makasih bakal aku terapkan di komunitas anak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat mbak Tira, terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Naaah beberapa permainan ini yg biasa aku mainin Ama anak2 mba, Krn aku ngerasa mereka masih kurang dalam mengingat sesuatu yang dilihat. Terutama yang paling sering dimainin mengingat gambar, dan temukan perbedaan. Itu fav mereka πŸ˜„. Tapi ntr aku mau coba bbrp referensi di atas biar permaianan nya lebih beragam dan anak2ku juga ga bosen πŸ‘. Thank you tulisannya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anaknya umur berapa mbak? Semoga kemampuan mengingatnya semakin terasah ya.. semangat, semangat πŸ’ͺ🏾

      Hapus

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdasπŸ€—

Terimakasih... πŸ™