Buat Puzzle Sendiri? Bisa Dong!

Ada saatnya anak-anak butuh jeda waktu berdiam tanpa lari sana-sini.  Atau disaat kondisi tidak memungkinkan untuk mereka bergerak bebas.  Pernah mengalami hal ini?

Bukan menghentikan aktivitasnya, namun istilah para emak-emak its busy time for lonely.  Mereka masih tetap berkegiatan, mengeluarkan energi dan melatih konsentrasi.  Apa saja kegiatannya? Banyaakk banget, tapi yang pasti sangat dikenal adalah permainan puzzle.

Puzzle, siapa yang tidak mengenalnya? Permainan favorit saya waktu kecil dulu.  Masih ingat saat kelas 4 SD saya berusaha mengumpulkan uang lebaran demi membeli sebuah puzzle 1000 keping seharga Rp. 40.000,- (empat puluh ribu rupiah).  Yaah saat itu uang segitu lumayan banyak.  Dan saat berhasil menyelesaikan puzzle senangnya bukan kepalang, namun untuk mengulang kembali, rasanya tidak cukup menantang bagi saya, dan jadi lebih terkesan membosankan.

Sebagai seorang emak yang suka puzzle, sayapun mengenalkan puzzle kepada anak-anak.  Banyaknya pilihan puzzle di pasaran, cukup membuat saya tergoda untuk membeli.   Bentuk beragam, berwarna-warni, ada pegangan, atau hanya tinggal taruh, termasuk puzzle lantai berukuran besar.   Seru untuk dimainkan sendiri atau bersama-sama.  

Dalam perjalanannya, beberapa kepingan tercampur, hilang dan terselip dimana-mana.  Awalnya disimpan dengan cara dikumpulkan perbagian, lama-kelamaan dikumpulkan jadi satu, akhirnya bisa ditebak, semakin tidak jelas kepingannya.  Mau dimainkan kembali? Alasannya ada yang hilang *upss...

Buat puzzle sendiri

Bermula dari sanalah sebagai emak irit tapi bukan pelit, saya memilih untuk membuat puzzle sendiri.   Hitung-hitung sekalian bisa mengajak anak-anak membuat bersama, termasuk memilih gambar atau potongan yang menarik buat mereka dengan alasan klise 'agar lebih semangat' *hehehe...

Tanpa menambah cerita lainnya, yuk....lanjut ke tahap cara pembuatan puzzle bersama saya :))

1. Siapkan bahan-bahan

Buat puzzle sendiri

Bahannya adalah gambar yang disukai (bebas) beri grid langsung atau tidak juga tak jadi masalah (potongan bisa suka-suka sesuai keinginan), kardus bekas (seukuran gambar), lakban, lem, gunting

Buat puzzle sendiri
Oia, jangan lupa gambar bisa di print dua kali untuk dijadikan contoh awal saat bermain.

2.  Letakkan gambar di atas kardus bekas, beri lakban

Buat puzzle sendiri

3. Potong-potong sesuai garis batasan, atau sesuai keinginan

Buat puzzle sendiri

4.  Untuk menyatukan bagian gambar dengan kardus, bisa menggunakan lem atau lakban.   Jika menggunakan lem, bisa dilakukan sejak awal sebelum dilakban atas atau bisa juga tanpa perlu dilakban saat awal, dilakban setelah digunting sesuai batasan.

Buat puzzle sendiri

5. Selesaikan hingga kepingan akhir, dan siap bermain :))

Buat puzzle sendiri

Mudah bukan? Jika masih bingung, bisa langsung nonton video cara pembuatannya :))


Tips tambahan :
*Tidak punya printer di rumah? Bisa gunakan gambar-gambar poster atau dari majalah lama.   Gambar-gambar yang dipilih juga tidak terbatas.
*Ukuran yang lebih besar? Bisa print ukuran lebih besar, atau jika suka dibuat bersambung, pun jika punya gambar spanduk sisa berukuran besar yang menarik dapat digunakan :))

Jangan tunggu sampai besok, lakukan saat ini juga, yokk :))



*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kalo puzzle DIY dari kardus gini bertahan berapa lama ya?

    BalasHapus
  2. wah keren Bun, bisa buat bersama si kecil juga jadi lebih interaktif ya :D

    BalasHapus

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏