Dipermudah dengan Canva, Mau?

herlyaa.com
herlyaa.com

Ada yang belum kenalan dengan Canva? Wah, Sayang banget! Apalagi kalau kamu ngakunya seseorang yang sering buat event, maksudnya e flyer.  Nah, daripada jadi bingung di paragraph pertama, kenalan dulu deh sama si Canva ini J (Mareee...)

Awal saya berkenalan dengan Canva melalui aplikasi android yaitu sekitar awal tahun 2018.  Kebetulan saya yang senang dan sering utak-atik design gambar melalui photoshop sejak kuliah akhirnya membuat saya memiliki teman dengan hobi sejenis. Nah... dari mereka-merekalah yang memperkenalkan tool Canva untuk mempermudah membuat design sederhana jika ukuran tampilan kanvas relatif kecil dan gak pake ribet.

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memudahkan dalam merancang material kreatif secara online.  Online artinya berhubungan dengan internet.  Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster brosur bahkan presentasi dapat dibuat dengan ringkas melalui Canva yang tersedia dalam versi web, iPhone dan Android.

Canva didirikan oleh Melanie Perkins pada tanggal 1 Januari 2012 di Australia.  Dalam kurun waktu beberapa tahun pengguna Canva terus bertambah termasuk saya, dan mungkin Anda salah satunya :p

Aplikasi Canva dapat diunduh melalui Play Store secara gratis dengan kapasitas 24MB.  Rasanya dengan kapasitas segitu, perangkat kebanyakan sekarang akan sangat mampu menggunakan aplikasi ini.

Canva di playstore - her.lyaa.com
Screeshoot Canva di playstore
Setelah selesai mengunduh kemudian dijalankan, Canva akan menampilkan empat poster penjelasan singkat fitur didalamnya.  Anda sangat diperbolehkan melihat semuanya atau melewatkan dengan men-tap pilihan skip di bagian kiri bawah.  

Selanjutnya, Anda diminta membuat akun prosedur standar dalam layanan internet.  Setelah login, Anda akan disambut dengan deretan template seperti cerita instagram, grafis sosial kutipan, dan lain-lain dengan di bagian paling atas terlihat kaca pembesar yang memudahkan Anda mengetik template apa yang diinginkan. Bahkan update terbaru dari Canva saat ini tersedia gambar bergerak (.Gif/video)

Tampilan menu utama Canva - herlyaa.com
Screeshoot tampilan Canva 
setelah install 

Di laman Utama, Anda dapat langsung men-tap pilihan desain yang anda inginkan dari berbagai pilihan kategori yang tersedia.  Misalnya saya memilih bagian poster kemudian men-tap, maka akan muncul tampilan seperti berikut

Edit poster Canva herlyaa.com
Tampilan setelah memilih bagian poster
Anda dapat langsung mengeditnya dengan men-tap tulisan edit, atau Anda dapat sekali lagi memilih desain poster yang direkomendasikan di bagian bawah.  Biasanya bagian rekomendasi merupakan desain serupa namun tak sama dengan desain yang telah kita pilih.

Dilaman utama ini hanya ada dua menu yang diletakkan di bagian bawah yaitu template dan desain.  Jika Anda men-tap template maka akan kembali ke bagian menu awal dengan pilihan template desain yang beragam.  Sementara jika Anda memilih Desain, maka akan muncul halaman tempat menyimpan template desain yang telah anda buat.

Setelah memastikan desain yang ingin Anda utak-atik, langkah selanjutnya adalah memilih (men-tap tulisan) edit.  Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Tampilan edit Canva herlyaa.com
Siap edit poster

Pada tampilan akan terlihat lambang + di bagian bawah kanan.  Jika Anda men-tap lambang tersebut akan muncul berbagai pilihan teks, gambar, ilustrasi dan sebagainya.  Silakan bereksplorasi dengan berbagai pilihan tersebut.  Sementara Jika tidak ada yang ingin ditambahkan dari desain tersebut dalam artian hanya ingin merubah sedikit (kata-kata saja, misalnya), Anda dapat langsung mengeksplorasi desain dengan men-tap bagian desain yang ingin anda ubah. 

Kelebihan Canva selain ringan dan mudah digunakan, dari sisi pilihan template desain dengan opsi gratis saja sudah cukup beragam  dan dapat digunakan dengan berbagai kepentingan.  Hanya tinggal kreatifitas Anda merancang desain yang menarik

Opsi teks dengan pilihan jenis huruf yang beragam termasuk pilihan warna dengan penampilan tebal, miring, kapital, spasi, dan sebagainya bisa jadi membuat Anda bingung sendiri memilih dengan berbagai pilihan yang beragam dan bagus semua. 

Tidak ketinggalan tampilan background, grafis termasuk share dan download ke memori lokal maupun ke pihak lain, Canva memberikan kemudahan dalam cara kerjanya.  Canva memudahkan dalam membuat desain bagi para pemula.  

Namun jika Anda terbiasa mendesain rumit, bisa jadi tools pada aplikasi Canva kurang nendang, apalagi dengan performa kapasitas pixel terbatas.  

Namun lagi-lagi pertanyaannya adalah, Dipermudah dengan Canva, Mau?





Komentar

Postingan Populer