Kemarin Capricorn, Apakah Sekarang Sagitarius?

Yang pernah muda atau saat ini yang masih merasa muda, kemungkinan besar mengenal istilah zodiak.  Zodiak sering disebut juga rasi bintang.  Namun adakah kaitannya antara rasi bintang yang dipelajari di astronomi dengan zodiak yang masuk dalam ranah astrologi? Apakah memang mempengaruhi bagaimana kepribadian kita?

Sebelumnya, boleh dong kita menelaah dulu pengertian astrologi dan astronomi itu apa?
Astrologi dan astronomi memiliki kata astro.  Asto artinya bintang.  Jadi Astrologi dan astronomi sama-sama memiliki unsur bintang.  Tapi, Astrologi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan benda langit yaitu matahari, planet, nintang dan bulan.  Ahli astrologi percaya posisi benda lagit dapat mempengaruhi masa depan kehidupan manusia, dan mereka meramalnya.   Kemudian berkembang legenda mitologi kuno mengenai rasi bintang tersebut.  Sementara astronomi bukan hanya mempekjari pergerakan benda langit berupa matahari, bintang, bulan dan planet saja.  Namun ilmu ini juga mempelajari galaksi lain termasuk asal usul alam semesta.  Imu astronomi tidak masuk dalam ramalan, namun lebih pada metode ilmiah.  Para ahli astronom melakukan pendekatan ilmu dari fisika dan matematika.  Alam semesta adalah laboratoriumnya para astronom
Dalam ilmu astrologi, selama ini kita mengenal 12 zodiak yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricon, Aquarius, dan Pisces.  Namun Dilansir dari kompas.com, disana dikatakan berdasarkan perhitungan astronomi, ditemukan rasi bintang baru yaitu Ophiuchus yang terletak diantara scorpio dan sagitarius. 

Berita yang dibaca dari liputan6 ,  disebutkan bahwa NASA membantah mengenai pergantian zodiak.  "Apakah Anda baru-baru ini mendengar bahwa NASA telah mengganti zodiak? Tidak, kami tak melakukannya," tulis Badan Antariksa Amerika Serikat itu dalam Tumblr.
"Di NASA, kami belajar astronomi, bukan astrologi. Kami tak mengganti zodiak apapun, kami hanya menghitung."
"Astrologi adalah hal lain. Itu bukan ilmu pengetahuan. Tak ada yang bisa menunjukkan bahwa astrologi dapat digunakan untuk memprediksi masa depan atau kepribadian seseorang berdasarkan tanggal lahir," jelasnya.

Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak. Jadi Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Ophiuchus sendiri tidak dimasukkan dalam astrologi barat dikarenakan disebut-sebut para astrolog belum menemukan karakteristik serta peruntungan orang-orang yang lahir di zodiak Ophiuchus.

Namun jika diurutkan zodiak berdasarkan tanggal lahir dan masuknya rasi bintang ophiuchus, urutan zodiak akan mengalami pergeseran sebagai berikut
Aries: 19 April - 13 Mei
Taurus: 14 Mei - 19 Juni
Gemini: 20 Juni - 20 Juli
Cancer: 21 Juli - 9 Agustus
Leo: 10 Agustus - 15 September
Virgo: 16 September - 30 Oktober
Libra: 31 Oktober - 22 November 
Scorpio: 23 November - 29 November
Ophiuchus: 30 November - 17 Desember
Sagittarius: 18 Desember - 18 Januari
Capricorn: 19 Januari - 15 Februari
Aquarius: 16 Februari - 11 Maret

Sebelum menentukan kepribadian mana yang cocok, ada baiknya saya yang lahir pada tanggal 3 Januari memutuskan apakah tetap berpegang bahwa zodiak yang lalu yaitu capricorn, ataukah mengikuti urutan yang baru masuk dalam zodiak Sagitarius.  Karena saya sendiri masih bingung memutuskan seharusnya berzodiak apa? Maka sayapun belum dapat memutuskan atau membandingkan dengan apapun. Atau saya memiliki kepribadian ganda yang diambil dari kedua zodiak tersebut? Hmm... Pilih kemarin, atau sekarang ya? Ada yang mau bantu?

 

Komentar

  1. Xixixi saya udah taubat mbak, nggak lagi percaya sama astrology. Jaman amsih SMP sih iya, tapi alhamdulillah udah lama taubat ,😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk ramalan astrologi, udah lewat jamannya..hahha.. tapi kalo untuk astronomi, saya masih suka mbak :) salam kenal mbak ^^

      Hapus

Posting Komentar

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏

Postingan Populer