Buku Wajib Homeschooler



Jika kamu seorang homeschooler minimal yang memiliki ketertarikan pendidikan rumah,  rasanya Judul buku yang saya tawarkan ini wajib kamu miliki, minimal kamu baca.  Beberapa memiliki bahasa yang lugas, beberapa perlu perenungan dan dibaca berulang kali.  Semoga penasaran ya..., Yuk baca ulasannya hingga akhir.

1.  Cinta Yang Berpikir

Buku yang ditulis oleh Ellen Cristi adalah buku yang dimiliki kebanyakan praktisi homeschooler  Isi dari buku ini banyak mengadaptasi metode charlotte manson.  Jika ingin tahu siapa dan apa itu charlotte manson, kamu bisa searching di google, hehe.. 

Buku ini memiliki bahasa yang bermakna.  Cinta yang berpikir, sangat sesuai diberikan untuk judul buku ini.  Jika kamu mencintai, maka sebaiknya kamu berpikir.  Berpikirlah di saat mencintai, karena mencintai bukan tidak dapat dipikirkan.  Begitulah kesimpulan umum yang saya ambil dari membaca buku ini.  namun jangan harap kamu bisa membacanya secepat kamu membaca status di media sosial.  mengapa Cinta yang Berpikir?.. Cinta saja tidak cukup dalam mendidik anak-anak kita, karena ia harus dilengkapi dengan kesadaran dan pengetahuan (p.11), karena mendidik anak pada hakikatnya adalah mendidik diri sendiri-Naomi Aldort (p.14)

Penasaran? yuk dibaca dan ditelaah perlahan hingga kita memahami, pendidikan adalah sebuah atsmosfer keseharian, sanpai menjadi seorang pembelajar mandiri artinya memiliki hubungan yang menyenangkan dengnan bidang yang diminati.

2.  Warna-Warni Homeshooling

Homeschooling antara satu dengan lainnya tidak pernah sama.  Beragam dan penuh warna-warni.  Pendidikan yang terkustomisasi.  Setiap keluarga memiliki sudut pandang berbeda dan cerita menarik yang belum tentu dimiliki oleh keluarga lainnya.  Inilah ciri khas dan perbedaan homeschooling dengan sistem pendidikan lainnya. 

Buku yang ditulis oleh mas Aar Sumardiono merupakan kumpulan tulisan para praktisi dan pemerhati homeschooling yang aktif di situs dan milis Sekolahrumah. Buku recomended bagi praktisi homeschooling termasuk keluarga yang peduli terhada pendidikan

3.  55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling
Buku yang juga ditulis oleh Mas Aar Sumardiono, memiliki 55 bagian dari prinsip dan gagasan homeschooling.  Pemilihan judul yang sesuai dengan isi yang terdapat di dalam buku tersebut.  Memiliki 200 halaman, bukan berarti buku menjadi menjemukan untuk dibaca.  Dengan bahasa yang lugas, praktis disertai contoh konkret hingga beberapa pertanyaan yang diulas, membuat buku ini tidak cukup dibaca hanya sekali.  Buku yang bisa digunakan berkali-kali dan menjadi koleksi untuk dibaca kembali di saat dibutuhkan. 

4.  Anak Bukan Kertas Kosong

Pak Bukik yang merupakan pendiri sekolah cikal, merupakan penulis buku ini.  anak bukan kertas kosong.  Buku yang menggambarkan bahwa anak sudah terlahir dengan 'sesuatu' bukan sebuah lembaran kosong yang diisi paksa oleh kita sebagai orangtuanya. 

Buku ini  mengajak orangtua mengenali prinsip dan fase perkembangan bakat anak sejak usia dini hingga menjadi mandiri. Bagaimana sikap dan peran orangtua dalam pengembangan bakat anak yang sudah ada dalam dirinya.  buku yang lugas dengan beberapa contoh nyata termasuk kisah penulis dengan anaknya.  Dengan buku ini diharapkan anak-anak  tumbuh menjadi pribadi mandiri dan tentu saja jauh lebih bahagia.

5.  Fitah Based Education

Buku yang ditulis oleh ust Harry Santosa merupakan buku yang cukup tebal, lengkap dan rinci.  Buku yang belum tuntas aku baca hingga hari ini.  Buku yang perlu menjadi koleksi untuk dibuka kembali dan selalu mengingatkan para orangtua bahwa anak lahir sesuai fitrah yang telah dituliskan oleh Allah SWT.  Dengan beberapa selipan dari tokoh-tokoh peduli pendidikan, buku ini memberikan support kepada orang tua dalam menjalankan pendidikan berbasis rumah. 

anak yang dititipkan kepada setiap orangtua oleh Allah SWT, artinya dipercaya memiliki kemampuan mendidik anaknya dengan baik.

Buku dengan hard cover, kertas pilihan dan warna yang tajam, lenkap dengan isi yang padat, wajarlah membuat buku ini menjadi cukup menguras kantong.  Namun jika buku ini sudah dimiliki, sangat sayang jika tidak dibaca.  Bukan hanya karena harganya yang lumayan, namun kualitas isi buku sepadan dengan kocek yang kita keluarkan.

Begitulah buku yang wajib dimiliki homeschooler atau orangtua peduli pendidikan.  Tidak ada hal yang mudah dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa kita lakukan.. Semangat mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang dari keluarga, karena dari keluargalah awal pendidikan seorang anak dimulai. 

Salam!


Komentar

Postingan Populer