Bersama IniBudi dan Kampus Guru Cikal

foto bersama teman-teman di akhir kegiatan (dokpri)

Beberapa waktu lalu, pada tanggal 4 Agustus 2018, aku dan teman-teman dari Komunitas Guru Belajar (KGB) Palembang, mendapatkan kesempatan belajar bersama inibudi.  Inibudi adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia.

Inibudi melibatkan partisipasi masyarakat melalui program #GuruBerbudi, #TemanBelajar, dan #DukungBelajar. Didirikan pada 2013, semua video Inibudi dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional.  

Tidak hanya Inibudi, kampus guru cikal juga terlibat dalam program kegiatan ini. 
Beberapa minggu sebelum kegiatan ini terlaksana, kami sudah diberikan bayangan hal-hal apa saja yang akan kami lakukan pada hari H.  Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang dipilih sebagai materi yang akan dibuat video pembelajaran.  Banyak bagian-bagian yang dapat dieksplor menjadi sesuatu yang lebih mudah dinikmati untuk dipelajari.
Kegiatan ini berlangsung sejak pagi hingga sore hari.  Dari seluruh jumlah peserta, kami dibagi menjadi beberpa kelompok yang akan bekerjasama dan membagi tugas sebagai sutradara, penulis script, talent, dan bagian kamera, dan editor.
Seru, karena bertemu teman-teman yang hebat, mendapatkan ilmu bermanfaat, berdiskusi dengan cerdas, dan menghasilkan sesuatu yang dapat dipelajari adek-adek pembelajar nantinya.  Tentu saja Hasil kami belum sempurna, namun terus belajar dan mengembangkan diri, hingga berkontribusi bagi pendidikan anak Indonesia yang lebih baik.

Belajar adalah wajib, bagaimana metodenya merupakan hak setiap pembelajar. Karena 
#merdekabelajar dan #semuamuridsemuaguru


Keseruan cerita dalam gambar bisa dilihat di sini

Komentar

Postingan Populer