Masak Ikan Bakar Dengan Berbagai Macam Cara, Bisa!

Ikan bakar paling maknyos dimakan pakai nasi putih anget cocol sambal terasi, atau sambal kecap tambahan lalap trus duduknya di saung ditemani iringan musik alami semilir angin di pinggir sawah hijau menguning.   Wuahh...sudah menghayal yang enggak-enggak nih🤭 tapi emang yah, suasana begitu bikin hati makin adem di saat semua terasa pas ditempatnya. 

Lha kalau tinggalnya gak di pedesaan, emang gak bisa ngerasain suasana yang sama? 

Ets, kalo sama persis ya tentu saja gak bakal bisa, tapi kalau mau buat suasana ala-alanya, bisalah...  Bentang tikar, duduk di halaman belakang, sambil makan ikan bakar yang sudah dimasak di dapur versi murah tanpa ribet.  

Masak Ikan Bakar, Mudah!
Masak ikan bakar, Mudah!


Murah dan tanpa ribet? Apanya nih? Yuk simak dulu bagaimana ikan bakar bisa dimasak dengan menggunakan berbagai jenis peralatan dapur di rumah Anda.

Ikan Bakar Oven

Oven memiliki banyak jenisnya, dari oven konvensional yang tertanam di kompor gas,  oven listrik, oven konveksi, oven gas, oven kompor tangkring, dan juga oven hybrid.  

Jenis oven konvensional
Oven konvensional

Oven dapat menghasilkan panas yang merata dan dapat diatur waktunya.  Sayangnya harga oven yang bervariasi tidak dapat juga dikatakan memiliki harga murah.  Dengan beberapa kelebihannya, belum tentu setiap keluarga memiliki oven dikarenakan ukurannya yang tidak benar-benar kecil dengan harga yang juga tidak kecil.

Namun jika bicara oven, kita tidak membahas satu jenis oven yang sama, karena meskipun oven fungsinya sebagai pemanggang, oven untuk rumah tangga terbagi dari beberapa macam.  

Ketahui Jenis-Jenis Oven, Yang Mana Favoritmu?

Dengan berbagai pilihan, Anda dapat mencoba membuat ikan bakar menggunakan oven versi kamu.

Bagaimana caranya? Setelah ikan dibumbui, langkah selanjutnya yaitu memasukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan beberapa waktu terlebih dahulu.  Masak sesuai tingkat kematangan yang dikehendaki.

Bicara panggangan, pada umumnya alumunium foil kerapkali digunakan untuk membungkus ikan yang telah dilumuri bumbu plus perasan air lemon.  Penggunaan aluminium foil ditujukan agar panas yang diterima makanan merata, dan makanan menjadi cepat masak termasuk mencegah makanan kehilangan kelembaban saat dimasak, namun meresapnya kadar aluminium ke dalam makanan juga tidak bisa dicegah.  

For your information, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat melaporkan bahwa kadar aluminium tinggi dalam tubuh berhubungan dengan sistem saraf, otak, penyakit tulang dan resiko anemia.  Sementara organisasi kesehatan dunia atau WHO sepakat bahwa terdapatnya kandungan aluminium dalam tubuh jika kurang dari 2mg per 1kg berat badan perminggu, maka tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.  Kenyataannya, kebanyakan orang mencerna aluminium lebih dari jumlah tersebut di dalam tubuhnya. Hmm... bagaimana menurut Anda?


Ikan Bakar Barbeque Grill

Barbeque yang seringkali disingkat menjadi BBQ merupakan teknik memasak panggang dengan peralatan memanggang secara khusus.  

Berbagai jenis barbeque grill
Barbeque grill

Meskipun sama-sama memanggang, pemanggangan dengan alat pemanggang (oven) akan berbeda dengan barbeque dari sisi  jangka waktu, dan jenis panas yang digunakan.  

Pemanggangan oven biasanya menggunakan panas api kekuatan menengah hingga tinggi dengam jangka waktu pendek.  Sementara barbeque memakan waktu lebih lama dengan panas tidak langsung sehingga didapatkan hasil masakan beraroma dan bercita rasa khas melalui pengasapan tersebut.

Ikan yang akan di masak menggunakan barbeque pada prinsipnya dapat menggunakan bumbu yang dimasak dengan alat panggang lainnya.  Yang membedakannya ada pada proses pengolesan bumbu.  Bumbu ikan tersebut dapat dioleskan berkali-kali saat proses pemanggangan hingga ikan matang.

Baca juga : jenis-jenis barbeque di pasaran, jangan salah pilih!

Ikan Bakar Teflon

Siapa yang tidak kenal Teflon? Rasanya kecil kemungkinan tidak ada yang tahu dengan si panci ajaib ini.

Bakar ikan cara mudah
Teflon bakar

Teflon, panci ajaib berjargon "anti lengket" merupakan nama dagang dari pelapis kimia yaitu polytetrafluoroethylene yang disingkat PTFE.  Bahan yang pertama kali dibuat pada tahun 1930 - 1940 an untuk membuat permukaan anti lengket non-reaktif yang juga dapat digunakan untuk melapisi bahan lain seperti kabel atau kain agar tahan air.  Menarik ya? 

Itulah mengapa teflon menjadi menjadi lebih nyaman digunakan karena mudah dibersihkan selain dapat menghemat penggunaan minyak saat  memasak.  

Untuk penggunaan teflon saat memanggang ikan, yang artinya hanya sedikit sekali menggunakan minyak, bahkan keberadaan minyak tergantikan oleh margarin sebagai salah satu pelapis ikan yang membuat hasil masakan menjadi lebih gurih atau santan yang dibalurkan diseluruh bagian tubuh ikan, dimasak dengan api kecil, memberikan hasil akhir ikan matang merata dan bumbu terserap tanpa khawatir ikan mudah gosong.  

Ikan Bakar Tatakan Panci

Tatakan panci? Iyaa....Anda tidak salah baca.  Walaupun tatakan panci yang dijadikan alat memanggang ikan bukanlah tatakan pancinya saja.  Tapi tatakan panci yang dibantu dengan api kompor.  

Bakar ikan mudah, murah!
Tatakan Panci

Cara yang satu ini mengadaptasi tradisi tradisional yang awalnya menggunakan tungku kayu bakar atau api unggun saat melakukan perkemahan.  Bedanya adalah penggunaan kompor menjadi lebih mudah karena proses penghidupan api jadi lebih praktis selain ukuran besar kecilnya api mudah diatur sesuai keinginan.

Tatakan komporpun memiliki harga relatif murah. Berbahan stainless membuatnya kuat menahan bara api, juga memberikan jarak antara ikan dan api mirip dengan pemanggangan menggunakan barbeque.

Keuntungan dan Kerugian

Menilik dari sisi keuntungan dan Kerugian, dari berbagai cara, pemanggangan menggunakan oven (listrik) merupakan cara yang membuat hasil makanan minim sisa bakaran.  Tingkat kematanganpun terlihat lebih merata dikarenakan sistem pemanasan diatur di semua bagian dalam satu ruang. Prosesnya juga yang paling mudah, hanya membumbui kemudian mengatur tingkat panas dan waktu tanpa perlu ditunggui, ketika masak semuanya matang sempurna.  

Berbeda dengan tiga cara lainnya.  Penggunaan barbeque arang memberikan kerumitan pada proses penghidupan api.  Meskipun terkesan mudah, jika belum terbiasa menyalakan bara api, bagian yang satu ini akan memakan waktu cukup lama.  Namun ikan bakar dengan aroma asap dan sedikit hangus di beberapa bagian merupakan ciri khas autentik yang menjadi favorit kebanyakan orang, hanya bisa pas jika proses masak menggunakan sistem pemanggangan ala barbeque arang atau kayu bakar.


Baca juga : Tips menghidupkan arang

Bagaimana dengan teflon dan tatakan panci? Teflon yang keberadaannya saat ini mudah ditemui di setiap rumah,  tentu saja membuat bakar ikan versi teflon akan lebih menjadi favorit.  Namun jika Anda ingin mencoba versi barbeque tanpa barbeque grill, versi tatakan panci sepertinya layak untuk dicoba, wanna?!


*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

0 Komentar