Wajah Baru RS Pelabuhan Palembang

Beberapa hari lalu, saya menemani anak bujang konsultasi ke dokter mata di RS Pelabuhan Palembang.  Dan Taraaa... RS Pelabuhan yang lebih dikenal di masyarakat setempat dengan nama RS Boom Baru, saat ini memiliki wajah baru. 
Sebenarnya bukan benar-benar kaget mengingat proses pembangunannya sudah cukup lama dimulai.  Namun tidak dipungkiri wajah lama RS Pelabuhan Palembang masih cukup melekat termasuk di saat masih mengandalkan bangunan non permanen saat sadang proses renovasi bangunan baru.

...

Profil RS Pelabuhan Palembang


Wajah lama RS Pelabuhan Palembang
wajah lama RS Pelabuhan Palembang (pic : google)

Bagi yang belum tahu Rumah Sakit Pelabuhan Palembang (RSP Palembang), lokasinya berada di Jalan Mayor Memet Sastrawirya, Palembang. 
Kontak : (0711) 712840, 711843, 719741 Fax(0711) 717100.

RS Pelabuhan sendiri lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Boom Baru dikarenakan terletak bersebrangan dengan Pelabuhan Boom Baru yang ada di Palembang.

Rumah Sakit Pelabuhan masuk dalam kategori Type C memiliki fasilitas rawat jalan, rawat inap, fasilitas medis dan kesehatan tingkat 1 dan fasilitas umum.

Sebagai tambahan informasi, Rumah Sakit di Indonesia dapat dibedakan menjadi lima tipe berdasarkan kemampuan yang dimiliki yaitu :

1. Rumah Sakit Tipe A
Rumah Sakit jenis ini merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis secara luas.  Biasanya yang masuk tipe ini merupakan rumah sakit rujukan tertinggi yang sering juga disebut rumah sakit pusat.

2. Rumah sakit tipe B
Rumah sakit jenis ini adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas. Rumah sakit kelas B biasanya  didirikan di setiap ibukota propinsi (propincial hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit kabupaten. Rumah sakit pendidikan yang tidak termasuk kelas A juga diklasifikasikan sebagai rumah sakit kelas B.

3. Rumah sakit tipe C
Rumah sakit tipe ini mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kebidanan dan kandungan. Rumah sakit kelas C berada disetiap ibukota kabupaten (regency hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari puskesmas.

4. Rumah sakit tipe D
Rumah sakit yang bersifat transisi karena pada satu saat akan ditingkatkan menjadi rumah sakit kelas C. Kemampuan rumah sakit kelas D hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Rumah sakit kelas D juga menampung pelayanan rujukan yang berasal dari puskemas.

5. Rumah sakit Tipe E
Rumah sakit yang merupakan rumah sakit khusus (spesial hospital) menyelenggarakan satu macam pelayanan kedokteran saja, misalnya rumah sakit kusta, rumah sakit paru, rumah sakit kanker, rumah sakit jantung, rumah sakit ibu dan anak, rumah sakit gigi dan mulut dan lain sebagainya.

RSP Palembang memiliki layanan unggulan berupa Phacoemulsifikasi (operasi katarak dengan getaran ultrasonik), layanan Medical Check Up bagi tenaga kerja pelayaran, One day Care serta vaksinasi.

Tenaga medis yang tersedia terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, paramedis juga tenaga non paramedis handal.  Dengan spesialisasi mencakup obgyn, THT , penyakit dalam, bedah, bedah plastik, bedah tulang, mata, kulit dan kelamin, anak, syaraf dan patologi.

 

Gedung Baru, Lokasi Sama

Masih dengan lokasi lama, bagian UGD dan RS utama seolah-olah terlihat terpisah jika dilihat dari pinggir jalan.  

IGD RS pelabuhan palembang
Wajah baru (Tampak Depan IGD RS Pelabuhan) pic : google

Kenyataannya, UGD dan Rumah Sakit menyatu jika melewati bagian dalam Rumah Sakit.

Ketika baru tiba, untuk menuju ke bagian RSPP nya sendiri, kita harus maju beberapa meter arah jalan menuju pasar Kuto.  Posisinya berada di sebelah kanan bersebelahan dengan lorong kecil.  


Jalan Masuk RS pelabuhan Palembang
RSPP terlihat setelah kita memasuki jalur tiket parkir otomatis. (Pic: dokpri)

Meskipun bagian belakang sudah terlihat bangunan yang jauh berbeda dengan bangunan lama yang hanya memiliki satu lantai, namun pemandangan bangunan tua bercat hijau bisa jadi memberikan informasi bahwa RS Pelabuhan meskipun sudah mulai beraktifitas di gedung yang baru, namun masih perlu sentuhan akhir dibeberapa bagian.

Masuk kembali ke bagian dalam, dapat ditemukan bagian halaman sebagai lahan parkir mobil


Pintu masuk RSPP
Pintu masuk utama RS Pelabuhan berada di bagian tengah dekat parkir mobil ujung yang bertuliskan parkir khusus dokter (pic:dokpri)


Bagaimana dengan parkir motor? Jika Kamu membawa kendaraan roda dua, dari pintu masuk pertama, kamu harus berjalan terus lurus terlebih dahulu, karena parkir motor berada di bagian belakang gedung pintu masuk utama bersebrangan dengan parkir mobil lainnya

parkir mobil lainnya bersebrangan dengan parkir motor 

Sebelum mendekati pintu masuk utama, dibagian luar ada tanki berisi air dan sabun sebagai fasilitas pengunjung mencuci tangan.  Pintu masuk gedung saat ini tidak lagi bersifat manual seperti bangunan lama.   Secara otomatis sensor pintu membaca pengunjung yang mendekati lalu terbuka sendiri, sehingga pengunjung tidak perlu lagi menyentuh pintu.

Ruang bagian dalam Rumah Sakit terlihat luas karena tidak ada penyekatan. 

Saat masuk gedung, dibagian dalam pengunjung langsung disambut oleh bagian security Rumah Sakit.  Cek pengukuran suhu dilakukan pada setiap orang tanpa terkecuali.  Selanjutnya kita mendapatkan nomor urut sesuai dengan sistem pembayaran yang akan dilakukan setelah mendapatkan pelayanan.  

Bagian pendaftaran terbagi sesuai dengan sistem pembayaran yang akan dilakukan oleh pengunjung RS Pelabuhan dengan beberapa pilihan yaitu BPJS, asuransi, pribadi atau khusus karyawan/keluarga pelabuhan  

Bagian pendaftaran  berada tepat di depan pintu masuk utama, namun kursi ruang tunggu menyatu dengan bagian kiri dan kanannya, yaitu bagian farmasi (tempat pengambilan obat) dan bagian poliklinik pelayanan BPJS.

Sementara diantara bagian pendaftaran dan farmasi terlihat tulisan exit dan tangga dapat digunakan sebagai tangga darurat atau disaat lift mengalami kerusakan.

Tangga darurat RS pelabuhan Palembang
Tangga darurat

Berjalan ke bagian ujung dekat farmasi, kita akan menemukan lift menuju lantai satu.

Lift rspp
Lift dari lantai dasar menuju lantai 1

Kamu tidak perlu merasa bingung jika tidak mengetahui bagian-bagian di setiap lantainya, dikarenakan disetiap bagian depan lift, telah tertulis secara detil.

Ruangan RSPP palembang
Bagian di setiap lantainya

Dapat terlihat poliklinik berada di lantai dasar dan lantai satu.  Poliklinik lantai dasar khusus untuk pasien BPJS sementara poliklinik di lantai satu khusus pasien asuransi, umum, pribadi dan karyawan pelabuhan.

Sesuai dengan penjelasan ruang yang tertulis di sebelah pintu lift, kita menemukan bagian ruang operasi tepat berada di sebelah pintu lift, selanjutnya poliklinik, fisioterapi, dan beberapa bagian lainnya.

area mendekati ruang masuk poliklinik lantak satu

Terlihat bagian pendaftaran di bagian samping area poliklinik.  Kemungkinan setelah aktif, bagian pendaftaran dengan sistem pembayaran selain BPJS berpindah ke sini.

Fisioterapi RSPP palembang
Area memasuki bagian fisioterapi dan rehabilitasi medik

Bersebelahan dengan area poliklinik masuk ke area ruang tunggu fisioterapi dan rehabilitasi medik

Baca  juga : fisioterapi saat HNP

Masih terlihat ruangan lain terasa lengang, bahkan di bagian poliklinik lantai satu pada saat itu hanya ada tiga pasien termasuk kami. 

Selain lantai satu, ada Lantai dua dan tiga (khususnya) yang lebih ditujukan untuk pelayanan rawat inap.  Lantai dua selain untuk rawat inap kelas 1 sampai dengan 3, terdapat juga ruang NICU,  PICU, VK dan bayi.  Sementara lantai tiga terdapat ruang rawat inap dari kelas VIP hingga superior.

Setelah konsultasi menemui dokter, perawat yang berada di dalam bilik dokter akan memberitahukan apa yang selanjutnya harus kamu lakukan.  Jika kamu merupakan pasien umum, kamu akan diarahkan menuju kasir sebelum menebus obat.  Atau jika kamu merupakan pasien keluarga pelabuhan, kamu hanya akan mendapat resep yang dapat diberikan langsung di bagian farmasi tanpa perlu menuju bagian kasir lagi.

Sesuai dengan informasi lokasi yang tertulis dibagian lift, bagian farmasi berada di lantai dasar.  Jika kamu adalah pasien yang merupakan bagian dari keluarga pelabuhan, kamu dapat langsung menuju Farmasi.  Namun jika kamu merupakan pasien umum,  untuk melakukan pembayaran, bagian kasir juga terletak di lantai dasar bersebelahan dengan bagian pendaftaran.

Resep yang diberikan dokter, dapat kamu berikan kebagian farmasi.  Selanjutnya petugas farmasi akan memberikan nomor antrian yang dapat ditukar dengan obat setelah giliran kamu tiba. 

Bagian farmasi RSPP palembang
Suasana bagian farmasi

Untuk melihat kemajuan sudah berapa nomor yang dilayani petugas, kamu dapat melihat pada bagian layar keterangan antrian yang tergantung dibagian atas tempat kamu menyerahkan resep dan mendapatkan nomor antrian.

Tulisan yang tertera pada layar juga akan memberitahukan di counter berapa tepatnya kamu akan menerima obat.   Terdapat lima counter/tempat pengambilan obat di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang.

Selesai? Harusnya sih iya.  Biasanya obat merupakan bagian terakhir pelayanan Rumah Sakit saat rawat jalan.  

Layanan lainnya....

Rumah Sakit Pelabuhan Palembang juga menyediakan layanan Radiologi dan laboratorium.   Jika dokter merasa perlu pasien melakukan tindakan tambahan selain pemberian resep obat, maka sebelum melakukan tindakan, pasien akan diberikan surat pengantar ke bagian-bagian tersebut. 

Untuk mengetahui bagian ruang lainnya, kamu dapat menyusuri koridor di setiap lantainya sesuai keterangan yang tertulis atau security yang sedang bertugas.

Dengan terjadinya perubahan wajah RS Pelabuhan Palembang, cukup terlihat banyak perubahan fisik pada rumah sakit.  Luas bangunan dengan jumlah lantai hingga tiga tingkat struktur bangunan terlihat lebih kokoh, lapisan dinding dan lantai yang masih terlihat bersih dan hal lain yang tidak ditemukan pada bangunan lama, semoga ikut memberikan perubahan fasilitas Rumah Sakit Pelabuhan Palembang semakin baik dan berkualitas termasuk pelayanan kepada pasien menjadi lebih sigap dan bermutu dengan harapan biaya yang masih terjangkau untuk masyarakat kelas menengah kebawah.  Setuju?


*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Waah dalamnya juga udah sangat berbedaaa. Beberapa tahun yang lalu ke rumah sakit Pelabuhan masih terbayang suasana di dalamnya. Tapi setelah dipugar RS terlihat lebih bersih, modern, dan semoga pelayanannya juga lebih baik. Turut senang melihat RS Pelabuhan sudah berbenah. Sehingga makin banyak pilihan RS yang terjangkau dan nyaman untuk masyarakat ^_^

    BalasHapus
  2. Ciamik bener deh gedung baru rumah sakit ini :) Dengan semakin baik dan modern fasilitasnya tentu masyarakat senang dan terbantu sekali jika butuh pengobatan di RS. Pelabuhan Palembang.

    BalasHapus

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏