Dukung Bebaskan Pengetahuan bersama Wikipedia, Yok!


wikipedia - wikilatih
Dukung Bebaskan Pengetahuan bersama Wikipedia, Yok!
“Udah, buka aja Wiki!”
Apakah kalimat tersebut merupakan salah satu ucapan yang sering kita dengar, bahkan kamu ucapkan di saat mencari sebuah informasi yang cukup lengkap namun mudah di dapat secara instan?

Si Wiki selalu menempati pencarian pertama di saat kita berseluncur di Google.  Namun, apakah kamu tahu wiki itu siapa? Atau Apa? Sehebat apakah Wiki, dan gak kalah dengnan Google yang bisa memahami kegalauan seseorang untuk menemukan jawaban, Wiki juga cukup memberi jawaban di saat kita ‘kefefet’ membutuhkan jawaban terutama untuk emak-emak disaat bocah mengeluarkan pertanyaan diluar sepengetahuan emak milenial, hehee.. 

Beruntung saya mendapatkan kesempatan belajar bersama teman-teman untuk lebih akrab dengan Wiki yang namanya tidak lekang oleh Si Pencari Informasi.
Materi disampaikan oleh Rosa Reska Riskiani beserta rekan lain yang tergabung dalam tim dari Wikipedia Indonesia.  

Jadi, Apa sih Wikimedia?

Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba berbentuk perkumpulan dan merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia, Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya.

Visi Wikimedia adalah “Bayangkan suatu dunia tempat setiap insan manusia bisa berbagi beragam pengetahuan secara bebas” dengan tujuannya berdedikasi mendorong pertumbuhan, pengembangan & penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

Bahasa yang sudah memiliki Wikipedia sendiri saat ini adalah :
      Bahasa Indonesia
      Bahasa Aceh
      Bahasa Banjar
      Bahasa Banyumasan
      Bahasa Bugis
      Bahasa Gorontalo
      Bahasa Jawa
      Bahasa Melayu
      Bahasa Minangkabau
      Bahasa Sunda
      Bahasa Tetun

Wikipedia-wikilatih
Bebaskan pengetahuan berbagai bahasa


Adakah bahasa-bahasa tersebut akrab dengan kehidupan Kamu? Atau justru tidak ada satupun yang Kamu pahami?

Proyek Wiki saat ini yaitu Wikidata, Glam Indonesia, WikiJelajah, WikiLatih, Komunitas Wikimedia Indonesia, Saraswati, Wiki Cinta Budaya, Magang Wikimedia Indonesia, Wiki Masuk Sekolah, Hibah Wikimedia Indonesia.  

Yang saya ikuti adalah Wiki Latih,  bagaimana dengan yang lain? Apakah Kamu pernah mendengarnya?  Sejujurnya saya tidak begitu ngeh dengan nama-nama tersebut.  Namun nyatanya Masih ada proyek Wiki lainnya yang bisa jadi Kamupun tidak pernah tahu apa itu.  Penasaran?  Nah ini dia proyek Wiki Lainnya, yaitu : Wikipedia, Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, Wikisource, Wikinews, Wikiversity, Wikispeciesm Mediawiki, WikiData, Wikimedia Commons, Wiki Voyage, Wikimedia Incubator, Wikimedia Cloud Services, Wikimedia Foundation.

Wikilatih-Wikipedia
Proyek Wiki Lainnya

Luar biasa ya proyek Wiki ternyata banyak dan sangat membebaskan ilmu pengetahuan untuk khalayak umum. 

Pada kesempatan kali ini, saya bersama beberapa teman yang berkesempatan mengikuti Wiki Latih diajak untuk mengenal Wikipedia, membuat akun, membuat halaman pengguna dan menulis artikel baru.  Yuk kita geber satu-satu, biar sekalian bisa jadi catatan saya juga, hehehe...

Apa Wikipedia?

Wikipedia merupakan situs ensiklopedia daring terbesar dan termasuk dalam 5 situs paling populer di internet.
Wikipedia dibangun dan dijalankan bersama oleh komunitas dan merupakan urun daya digital.
Lebih dari 50.000.000 merupakan artikel di wikipedia seluruh bahasa dengan lebih dari 300.000 pengguna aktif dan 304 bahasa (294 yang aktif).  Lebih dari 500.000 Artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia dengan lebih dari 2.600 pengguna sangat aktif dengan 35 orang pengurus.

Wikipedia itu...
Bebas dalam artian berlisensi bebas dan hanya memuat konten terbuka sehingga dapat diakses, dikopi, digubah dan digunakan ulang oleh siapa saja.
Gratis karena mengakses Wikipedia tidak memerlukan biaya dan tidak perlu membayar.
Kolaboratif yaitu Dapat disunting oleh siapa saja. Satu artikel Wikipedia dapat ditulis oleh puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang.
Netral artinya Tidak memihak kepada salah satu sudut pandang. Menulis artikel dengan berimbang.
Memiliki Aturan berarti ada aturan tingkah laku yang harus dipatuhi oleh seluruh pengguna. Dan Kebijakan yang ditentukan oleh konsensus dari komunitas bahasa masing-masing.

Mari ngeWiki!
  1.  Hal pertama yang harus Kamu lakukan tentu saja membuka website id.wikipedia.org.  
  2.  Membuat Akun diawali dengan klik buat akun baru.
  3. Dilanjutkan dengan isi formulir dan masukkan alamat surel (email), agar jika lupa sandi dapat dipulihkan melalui surel
wikilatih-wikipedia

Yuk buat halaman pengguna, caranya :
  1. Klik nama pengguna Kamu
  2. Klik tombol dan kode berikut ya : “Buat halaman ‘Pengguna:{{nama pengguna Kamu}} ; Maka akan muncul tampilan sebagai berikut: 
    Halaman pengguna
  3.  Pilih opsi “Switch to Visual Editor” bila ada ; Tampilan yang muncul sebagai berikut:
    wikipedia - wikilatih
    Switch to Visual Editor


Visual editor adalah fitur di wikipedia yang memungkinkan penggunanya melihat perubahan secara langsung ketika menyunting.  Tampilan antarmuka VE sendiri mirip dengan Microsoft Word.  Untuk pengguna baru dapat lebih mudah menyunting tanpa harus mengetahui markah-markah wiki/kode html terlebih dahulu.

  1. Selanjutnya adalah mengisi halaman pengguna kamu dengan perkenalan dan profil kamu.
  2. Tidak lupa untuk menyimpan suntingan
  3. Setelah dari visual editor kita dapat beralih ke sunting sumber yang berada di bagian kanan atas halaman
  4. Menyunting pengguna.  Kamu pasti bisa juga!
    Menyunting pengguna

Yeaay... akhirnya Saya dan Kamu, Kita semua bisa membuat artikel baru.  Saat Wiki Latih, semua peserta yang ikut kegiatan diberikan contoh artikel.  Karena posisi saya di Palembang, Sumatera Selatan, Tim Wiki memberikan contoh artikel Tari Tanggai.  Dan Kamipun membuka id.wikipedia.org/wiki/Tari_tanggai

Puas membaca contoh artikel, seluruh peserta ditantang untuk membuat artikel baru.  Sebelum membuat artikel baru, simak dulu ya kiat-kiat membuat artikel baru, yaitu:  Ada format yang harus diikuti dalam menulis kalimat pertama di artikel Wikipedia, yaitu: “[JUDUL] adalah…” atau “[JUDUL] merupakan…”. Kata kunci subjek [JUDUL] ditandai dengan huruf tebal. Pastikan penulisan judul artikel sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Lihat: https://ivanlanin.github.io/puebi/

Dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel, yaitu:
Dilarang plagiarisme, Rujukan yang kredibel (terpercaya), netralitas, deskriptif dan menjunjung kelayakan artikel.

Mengapa plagiarisme dilarang?

Plagiarisme dilarang karena melanggar hak cipta.  Artikel wajib menyerahkan referensi atau sumber atau catatan kaki sehingga dapat diverifikasi kebenarannya oleh pengguna lain.  Selain itu tidak diperkenankan menyalin mentah dari sumber asli.  Maksudnya disini adalah harus melakukan parafrase.

Rujukan terpercaya atau kredible diartikan bahwa rujukan tersebut bukan dari website penuh keghibahan, situs user generated content (kompasiana, kaskus, wordpress ,blog pribadi dan sejenisnya) terlebih yang sering menggunakan, katanya dan katanya.  Hahaha... berasa dejavu juga nih :p.  Oh iya, koran kriminalitas juga gak masuk dalam rujukan terpercaya ya...
Jadi apa saja yang masuk dalam rujukan terpercaya?
Sebut saja jurnal ilmiah, buku yang telah diterbitkan dan disunting oleh editor, surat kabar (cetak atau daring) yang memiliki dewan redaksi.

Deskriptif dan Netral yaitu artikel ditulis dengan paragraph, bukan daftar atau poin-poin.  Penjabaran dan uraian yang apa adanya, juga ditulis dengan sudut pandang orang ketiga.

Kebijakan kelayakan artikel merupakan bagian yang tidak kalah penting, karena subjek telah dibahas secara signifikan/khusus oleh rujukan terpercaya.  Pernah mendapatkan penghargaan yang signifikan.  Press release dan iklan di media massa tidak dapat digunakan sebagai rujukan.

Berat ya? Namanya juga baru kenalan.  Tidak ada yang pernah langsung bisa dan lancar di permulaan, namun pesan khusus dari tim pemapar adalah Jangan terbebani aturan.  Maksudnya bukan berarti kita bisa mengabaikan aturan-aturan yang sudah sebelumnya di bahas di atas.  Namun karena menulis di Wikipedia merupakan proses, apabila Saya, Kamu, Kita semua khilaf dan membuat kesalahan, kemungkinan besar pengguna lain akan mengingatkan dan membenarkan.  Artikel di Wikipedia gak langsung sempurna kok.  Tetap ya, Kesempurnaan hanya milik Allah SWT J

Dan sayapun berhasil membuat artikel upacara rebo kasan sebagai tulisan perdana saya di Wikipedia.  Boleh diintip di sini (https://id.wikipedia.org/wiki/Rebo_Kasan).  Masih sedikit sekali sih, karena upacara tersebut juga tidak saya pahami.  Namun karena lagi-lagi tim Wikipedia menginginkan ada artikel baru dan menjunjung kekhasan budaya Indonesia, kami semua diberikan tugas membahas budaya Indonesia dengan judul yang berbeda-beda.  Semoga nanti akan ada yang lebih menyempurnakan J

Menulis artikel baru, bagaimana caranya?
  • Masuk /log in akun yang sudah kita miliki.  Namun sebelum menulis artikel baru, ada baiknya memeriksa apakah artikel tersebut pernah dibuat? Jika sudah prnah dibuat, maka Teman-teman dapat menjadi penyunting pada artikel dengan judul tersebut.
  • Tidak yakin apakah sudah  ada artikelnya? Maka akan muncul tampilan seperti berikut. 


  • Pada gambar di contohkan akan membuat artikel dengan baru dengan judul Hedi Hariyanto, sementara yang muncul adalah Heri Hariyanto
  • Tahap selanjutnya adalah dengan klik tombol buat


Sudah selesai membuat artikel? Tentu saja artikel yang kita buat memiliki sumber yang jelas.  Kita dapat menyelipkan pranala dalam maupun luar (link) dengan klik gambar rantai di bagian atas

Pranala dalam berfungsi untuk menambah jaringan antar artikel dalam Wikipedia. Hanyadapat disambungkan bila artikel sama-sama sudah ada di Wikipedia.  Cara menggunakannya adalah dengan menyeleksi kata yang akan dibirukan, lalu klik ikon rantai

Sementara pranala luar digunakan untuk membuat tautan ke situs web di luar Wikipedia, dengan cara menyisipkannya dengan mengklik ikon rantai

Referensi yang kita gunakan    sepatutnya ditampilkan dalam artikel.  Bagaimana caranya?
-   Klik Tab kutip, lalu pilih manual >> Buku
-   Isi parameter yang tersedia dengan isian yang sesuai
-  Klik tombol sisipkan jika sudah selesai

Gambar catatan kaki akan tampil pada posisiterakhir kursor

Cara menambahkan rujukan dari situs web (otomatis) dan ISBN
-   Klik Tab kutip, lalu pilih otomatis
-   Tempelkan URL situs web di kolom teks/ISBN
-   Detail mengenai teks akan dihasilkan secara otomatis

Cara menambahkan daftar rujukan/referensi yaitu:
-  Ketik Rujukan dibagian paling bawah halaman, setelah menulis paragraph
-   Blok tulisan rujukam lalu pada menu paragraph pilih judul tingkat 2
-   Akan terbentuk subjudul rujukan
-    Klik enter

Menambahkan daftar rujukan/referensi:
-  Di menu sisipkan, scroll ke bawah, pilihlah daftar referensi

Memberikan halaman kategori pada hotcat.  Hotcat membantu pengguna menambahkan kategori dalam artikel.
Hotcat dapat menghindari kesalahan pengetikan kategori

Cara mengaktifkan hotcat yaitu:
-  Aktifkan hotcat dari menu preferensi, kemudian menu perkakas, kemudian submenu gadget penyuntingan
-   Centang opsi menambahkan, menghapus dan mengubah kategori dengan saran (Hotcat)
-   Klik tombol simpan


Yeayyy! Artikel berhasil diterbitkan ^^
Intinya sih ketika buka laman Wikipedia, dicoba dulu memandang semua bagian suntingan, lambat laun akan semakin dekat dan terbiasa membuat sebuah artikel termasuk melakukan penyuntingan dari artikel yang telah ada. 

Selanjutnya?

Yapp! Selain menulis artikel, kita dapat memperbaiki dan merapikan artikel yang sudah ada, melakukan pemeliharaan, memantau perubahan terbaru, membantu pengguna lain, memasyarakatkan Wikipedia (seperti yang saat ini saya lakukan, hehehe...), termasuk menjadi donatur untuk perkembangan wikipedia.

Artikel semua peserta telah diterbitkan,  Semua peserta diberi kesempatan untuk evaluasi sejawat.  Evaluasi ini merupakan salah satu bagian dari memperbaiki/merapikan artikel yang sudah ada.  Kita semua membaca artikel yang hasil tulisan teman, mengomentari dari beberapa sisi misalnya mengenai bahasa yang digunakan, kesalahan yang ditemukan dan lain-lain.

Masih punya pertanyaan? Bisa tinggalkan komentar di sini.  

Bisa juga langsung bertanya ke Wikipedia, dengan cara mengikuti di media sosial yaitu : Wikilatih @wikimedia.or.id, @wikimediaid, facebook.com/wikimedia.indonesia, dan websitenya di wikimedia.or.id

Yok, Bebaskan Pengetahuan bersama kami🤗
(Wikilatih-Wikipedia) herlyaa.com
Foto bersama teman2 peserta wikilatih (Palembang - 2019) bersama tim pelatih Wikipedia.org

*Sumber tulisan dan gambar tampilan sebagian besar merupakan bahan wikilatih yang diberikan kepada peserta

Komentar

Postingan Populer