HokBen Buka di Palembang, Ini Fakta!

herlyaa.com
HokBen Buka di Palembang, Ini Fakta!

Jujur..., sejak saya meninggalkan kota Jakarta kemudian mengikuti suami ke Palembang, menikmati menu HokBen rasanya semakin sulit dirasakan.  Saya memang bukan orang Jakarta (betawi), perpindahan status dari pekerja kantoran menjadi irt semakin menghalangi saya soan ke Jakarta kecuali ada urusan penting dengan waktu terbatas.  Padahal HokBen memberikan kenangan manis saat saya menjadi benar-benar ngeh bahwa nama restoran yang beberapa kali saya kunjungi saat itu  ternyata bernama HokBen.

HokBen memiliki banyak gerai di Jakarta, rasanya sudah banyak yang tahu.  Namun Faktanya HokBen saat ini telah hadir di Palembang.  Akh, Yang benar?

Hari Jumat, 30 Agustus 2019 merupakan grand opening outlet HokBen di Palembang.  Saya beruntung berkesempatan menjadi bagian dari resmi dibukanya HokBen di Palembang. Fakta itu tak terbantahkan!  Namun masih banyak fakta yang perlu kamu tahu mengenai suasana pembukaan terbaru HokBen di Palembang hingga sisi lain HokBen itu sendiri.

1.   Lokasi dan Suasana Pembukaan HokBen di Palembang

HokBen di Palembang bertempat di lantai 2 palembang Icon Mall yang posisinya dekat dengan escalator mall.  Memasuki area ini, antrean panjang mengular sudah dimulai bahkan sebelum mall dibuka pada pukul 10 pagi.  Masyarakat Palembang terlihat antusias terlihat bukan hanya dari panjangnya antrean, namun meja dan kursi sebanyak 131 set telah terisi dengan anggota keluarga lain yang tidak ikut mengantri demi menikmati menu-menu HokBen langsung di tempat. 

herlyaa.com
Antrian Pengunjung HokBen saat Grand Opening -dokpri

Pada saat ini, HokBen Palembang Icon masih melayani dine-in (makan di tempat) dan take away (dibawa pulang). Namun seiring waktu opening gerai berakhir, HokBen akan mendukung pelayanan delivery (pengantaran) melalui hotline 1-500-505 atau melalui aplikasi Hokben, tidak ketinggalan bekerja sama dengan GrabFood maupun GoFood.  Menurut Bapak Rusbandi yang merupakan  Store Manager HokBen Palembang Icon, fasilitas pelayanan untuk arisan atau ulang tahun (melalui Hoka Party) juga siap diberikan kepada konsumen HokBen Palembang.

herlyaa.com
Ibu Irma Wulansari  (PR HokBen) dan Bapak Rusbandi (Store Manager HokBen Palembang Icon)-dokpri
2.   Promo yang Ditawarkan Selama Masa Pembukaan

Banyak Promo yang ditawarkan selama masa opening gerai.  Merchandise, free makanan dan minuman tak ketinggalan spesial harga menjadi daya tarik yang sayang untuk di lewatkan.
Yakin kamu gak mau dapat salah satu bahkan semua promonya selama masa opening?

herlyaa.com - hokben
Promo saat Opening HokBen - dokpri

3. Sejarah dan Profil HokBen

HokBen pertama kali berdiri di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah manajemen PT Eka Bogainti, sebagai restoran siap saji bergaya Jepang di Indonesia.  Sebagai merek asli Indonesia, dengan namanya Hoka Hoka Bento yang berarti makanan hangat di dalam kotak, seperti hangatnya kenangan masa itu (eeaa...).

Restoran ini berawal dari gerai mungil yang berada di daerah Kebon Kacang Raya Jakarta.  Hendra Arifin  yang merupakan pemilik dari  PT Eka Bogainti tertarik mengembangkan resto cepat saji ala Jepang karena pada 1985 konsep itu belum ada di Indonesia.

herlyaa.com
Gerai pertama HokBen di Kebon Kacang Raya Jakarta 

Di tahun 1990, Cabang pertama HokBen dibuka di Bandung.  Sementara di tahun 2005 merupakan pembukaan gerai pertama di Surabaya. Faktanya di Tahun 2019, HokBen hadir di Palembang sebagai ekspansi gerainya yang ke 154 dari keseluruhan gerai HokBen yang tersebar di  12 kota Jawa, Bali dan Sumatera.

Diusianya yang saat ini ke 34 tahun, HokBen tetap berkomitmen selalu memberikan produk dan layanan dengan kualitas terbaik kepada pelanggan setianya di Indonesia.

4.   HokBen Community Pattern

Jika kalian memasuki area HokBen dimanapun berada, kalian akan menemukan gambar pola yang dinamakan HokBen Community Pattern.  Bukan hanya di beberapa sisi ruang gerai yang saya foto di HokBen Palembang Icon beberapa waktu lalu, namun pola-pola ini akan terlihat dibeberapa kemasan cirikhas HokBen.

herlyaa.com-hokben
Salah satu sisi gerai HokBen Palembang Icon dengan Community Pattern HokBen -dokpri
Inilah fakta arti dari pola-pola yang tergambar tersebut:

  • Pattern Welcoming Hello

herlyaa.com-welcoming hello
pattern welcoming hello
Walaupun hanya sekedar makan dan berkumpul bersama, pasti ingin disambut dengan baik dan berada di tempat yang menyenangkan hati kan? Maka dari itu, WELCOMING HELLO menjadi bagian dari HokBen Community Pattern, "Selamat Datang" sebagai tanda keramahan dari HokBen untuk konsumen

  • Pattern Parent and Kid



herlyaa.com - hokben
Pattern Parent and Kid
HokBen Community Pattern menjadikan PARENT AND KID sebagai bagiannya; elemen penting dalam menggambarkan hubungan dekat dan kepedulian antara orangtua, anak, ataupun seluruh anggota keluarga itu sendiri!

  • Pattern Respect

herlyaa.com - hokben
Pattern Respect

Dalam budaya omotenashi, keramahan adalah kunci dari sebuah pelayanan sepenuh hati.
Pola terlihat seperti seseorang yang sedang membungkuk untuk memberi salam.  Selalu berusaha memberikan hasil terbaik, menjunjung tinggi keramahan, dan menciptakan suasana menyenangkan bagi setiap orang merupakan hal baik yang  dibanggakan semua orang.

  • Pattern Pride

herlyaa.com-hokben
Pattern Pride
Terinspirasi dari rasa bangga itulah, Kebanggaan (PRIDE) adalah  bagian dari HokBen Community Pattern.  Berdiri tegak dan percaya diri,  mencerminkan rasa bangga HokBen yang menjiwai pelayanannya. Sebagai perusahaan asli Indonesia, HokBen bangga bisa terus berkembang dan berinovasi untuk mencapai kualitas terbaik.

  • Pattern Friendship

herlyaa.com-hokben
Pattern Friendship
Gambar antara kedekatan dua orang yang artinya persahabatan, memiliki makna yaitu HokBen merupakan tempat untuk berbagi waktu dengan para sahabat, sambil menikmati sajian lezat bergizi spesial HokBen.

5.   Cafenya HokBen

Di Tahun 2012, HokBen mengikuti perkembangan dengan meluncurkan HoCafe.  Keberadaan HoCafe (Cafe HokBen) memang belum memasuki seluruh wilayah perkembangan HokBen, namun fakta inovasi dari HokBen tersebut patut diapresiasi.

6. Rebranding dan Logo HokBen

Fakta yang berikutnya adalah logo dan penamaan HokBen.  Pada awal berdirinya, HokBen menggunakan nama Hoka Hoka Bento.  Seiring dengan perjalanan dan inspirasi dari pelanggan setia yang sering menyingkat menjadi HokBen, maka mulai 15 Oktober 2013 Hoka Hoka Bento hadir dengan nama baru: HokBen; dengan tampilan, penawaran, pelayanan dan nuansa yang lebih segar dan bersahabat.

Hoka hoka bento - herlyaa.com
Logo HokBen (old) Masih dengan namanya Hoka Hoka Bento

Logo Hokben merupakan gambar dari sepasang anak bernama Taro yang artinya anak laki-laki pertama dan Hanako berarti anak perempuan cantik yang keduanya suka bertualang dan memiliki hati yang riang.

7. Kehalalan hingga Penghargaan

Jika ada yang bertanya mengenai kehalalan HokBen, faktanya HokBen telah memiliki Sertifikat Halal nomor 00160048830908 dari MUI di Tahun 2008 dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC574/LPPOMMUI/X/2017 untuk masa 4 tahun.  Jadi semakin merasa nyaman kan makan di HokBen ^^

Sertifikat Halal HokBen -herlyaa.com
Sertifikat Halal HokBen
Di Tahun 2019 ini, HokBen meraih penghargaan 'Millenials Top Brand Awards' dari Warta Ekonomi , keren ya!

8.  Program CSR (Coorporate Social Responsibility)

HokBen berfokus pada dua pilar utama yakni, “HokBen Cinta Pendidikan” dan “HokBen Berbagi dengan Sesama”.  Dua hal ini dipilih karena menjadi bagian penting yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya.   Berbagi dengan sesama sejalan dengan slogan CSR yaitu share to love, love to share, HokBen berkomitmen menjadi perusahaan yang konsisten menunjukkan tanggungjawabnya dalam membangun masyarakat sekitar.

Selama 18 tahun CSR berjalan, HokBen fokus pada dukungan pendidikan untuk anak-anak kurang beruntung dan berprestasi.  Faktanya pada peresmian HokBen Palembang Icon, Kota Palembang Sumatera Selatan, Hokben secara khusus menyerahkan bantuan pendidikan berupa uang sekolah untuk anak-anak panti  asukan selilai Rp. 42.900.000,- (empat puluh dua juta sembilan ratus ribu rupiah) kepada PA Mahabbatul Ummi.  Selain berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Palembang dalam kegiatan donor darah yang terbuka untuk umum pada tanggal 30 Agustus 2019 di Mall Palembang Icon lantai 2

9. Menu-Menu Favorit dan Penjelasan Kandungan Gizi hingga Dukungan Menjaga Lingkungan

Tidak usah diragukan banyaknya pilihan menu HokBen dari menu utama, menu gorengan, sup dan sukiyaki, dessert, beberage, snack, menu tambahan dan menu set yang menggugah selera dan tentu saja  terjamin kualitas rasa dan bahannya.  Namun dari semua menu tersebut, kamu harus mencoba menu unggulan HokBen yang dari pembuatan hingga penamaan merupakan hasil karya HokBen sendiri yaitu ekkado yang berasal dari kata egg (telur) dan kado yaitu telur puyuh yang dibungkus menyerupai kado dengan citarasa kulit yang tipis dan krispi dengan kelembutan dan kelezatan didalamnya. Dan Tori No Teba yaitu sayap ayam yang diisi dengan daging ayam dilah sedemikian rupa seingga tidak ada lagi tulang didalamnya namun empuk serta renyah diluar.
Jadi jangan pernah menjual produk serupa dengan nama ini, sebelum mendapatkan ijin dari HokBen sebagai pemilik resmi nama dagang tersebut.

Ekkado dan Tori No Teba herlyaa.com
Ekkado dan Tori No Teba
Sayangnya menurut penjelasan Ibu Irma, untuk menu puding belum bisa disediakan di HokBen Palembang Icon mengingat bahan baku yang dibawa langsung dari Jakarta justru diragukan akan berdampak rusaknya sajian menu puding itu sendiri.  Namun jangan berkecil hati, masih banyak sekali pilihan menu yang dapat dinikmati dan semuanya oishii! Kamu bisa lihat dan pilih sendiri menunya di media sosialnya HokBen biar gak bingung, atau Jika sudah berada di sana, kamu juga dapat melihat tampilannya langsung di gerai HokBen ya J

Hokben tidak hanya memberikan rasa lezat.  Namun dalam setiap menu yang disajikan, kita dapat mengetahui kandungan gizi yang kita santap dalam setiap porsinya di setiap penjelasan kandungan gizi menu HokBen tertera di website HokBen 

informasi Gizi menu HokBen - herlyaa.com
Kandungan Gizi dalam setiap menu perporsi
Tidak berhenti hingga pelayanan maksimal bagi konsumen, saat ini Hokben ikut andil dalam kampanye #uselessplastic sebagai aksi pengurangan sampah dan plastik sekali pakai, di mana semua gerai HokBen mulai saat ini tidak lagi menyediakan sedotan plastik dan tutup gelas plastik untuk layanan dine in

mengurangi penggunaan sedotan oleh HokBen - herlyaa.com
use less plastic HokBen
HokBen juga mengajak kita semua untuk membawa kotak makan sendiri khusus service take away. Dengan kampanye awalnya di Bali sesuai dengan diberlakukannya Pergub No. 97 tahun 2018 Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Memang saat ini tidak adanya penggunaan kantong plastik hanya berlaku di store Bali. Dalam cuitannya di twitter Hokben menyatakan, dalam waktu dekat hal ini akan segera di realisasikan juga di gerai-gerai HokBen lainnya.

mengurangi penggunaan plastik Hokben- herlyaa.com
Take Away bawa kotak makan sendiri?

Saya bersama teman-teman blogger termasuk pengunjung yang hadir di saat pembukaan telah mencoba menu favorit pilihan kami masing-masing. Pilihan saya adalah Bento Spesial 4 dengan jus melon segar membuat energi saya kembali terisi, hehee..

Pilihan menu saya dengan teman-teman juga pengunjung berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing, namun faktanya  adalah saya, kamu, kita semua yang berada di Palembang dan sekitarnya tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati sajian menu HokBen, karena HokBen telah hadir di Palembang! 

HokBen Palembang Icon - herlyaa.com
Berfoto bersama teman-teman blogger, Ibu Irma dan Bapak Rusbandi dengan latar belakan HokBen Palembang Icon
*Sumber gambar di ambil dari dokumen pribadi, website dan medsos HokBen yaitu Instagram, Twitter, Facebook, Youtube


Komentar

  1. Bener banget mba, sekarang warga Palembang gak perlu jauh-jauh keluar kota untuk menikmati menu favorit Hokben, karena Hokben udah hadir di Palembang...

    BalasHapus

Posting Komentar

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏

Postingan Populer