Pilihan yang Berbeda

Selalu mengingatkan untuk teruslah membaca. 

List tantangan yang dilakukan tidak perlu berurutan.  Hanya melihat tema yang dipilih oleh kami masing-masing.  

Pertama (tunjuk muka sendiri).  Ini adalah buku yang dipilih oleh saya.  Begitu melihat list tantangan yang telah dibuat, langsung menunjuk 2 tema Buku yang dapat membuat menangis juga buku yang mendapatkan penghargaan, atau termasuk juga tema buku lama? hehe..  Bukunya om Arswendo Atmowiloto yang berjudul dua ibu.  Berikut kutipannya:



x
"Dalam kehidupan ada dua macam ibu. Pertama, sebutan untuk perempuan yang melahirkan anaknya. Kedua, sebutan untuk perempuan yang merelakan kebahagiaannya sendiri buat kebahagiaan anak orang lain, dengan rasa bahagia pula." 

Novel karya om Arswendo Atmowiloto ini terbit pertama kali tahun 1980. Novel yang menjadi salah satu narasi terbaik juga menjadi pemenang hadiah pertama Yayasan Buku Utama 1981 untuk Karya Fiksi Terbaik. Keren ya.. Buku lama yang layak dibaca, yang membuat kita merenung, hingga ada rasa sedih (apa mungkin karena sudah menjadi ibu ya?)

Sedikit ulasan dari aku.  Menurut kamu, Siapa yang berhak menyandang status seorang Ibu?  Seseorang yang melahirkanmu, kemudian meninggalkanmu, atau seseorang yang dengan penuh kasih merawatmu? Novel yang mengangkat strata sosial, dengan ekonomi terbatas, tokoh yang hadir dengan penuh kegembiraan.  Bukan yang meratap karena kemiskinan.  Dimana letak sedihnya ya? mingkin tepatnya mengharu biru.  Bagamana seorang wanita menjalani perannya dalam mengasuh anak yang bukan anaknya.  Hmm.. anak yang bukan lahir dari rahimnya.  Bukan anak kandungnya.  Bahasa yang ditampilkan lugas, sederhana.  Namun dapat membuat air matamu meleleh tanpa bisa di rem.

Karya ini bisa dikatakan lawas.  Karena diterbitkan di tahun 80 an, mungkin teman-teman yang lahir bukan di era ini tidak terlalu tahu bagaimana berkabar dengan menggunakan surat.  Terlihat kuno di jaman setelahnya mulai bermunculan sms, hingga saat ini aplikasi whatsapp dan telegram.  Namun kisah ibu tidak akan lekang dimakan jaman.  Ibu akan selalu hadir dalam kisah keseharian kita selamanya.  Aaakkh... baca novel ini bikin hati bergemuruh.  Apalagi jika kondisinya seperti aku yang sudah tidak memiliki ibu lagi.  Bukan hanya Ibu yang melahirkan, namun ibu yang membesarkan dengan penuh kasih.  

Semoga aku menjadi ibu yang dicintai oleh anak-anakku, aamiin.

Kedua.  Abang, anak pertamaku yang saat ini beranjak besar.  Buku yang dipilihnya berjudul Mr Polka dan titik-titiknya.  Buku dari list tantangan dengan banyak gambar, juga buku dengan nama orang di judulnya.  Waktu membacanya sangat singkat.  Buku yang lebih dimaknai dari gambarnya.  Seperti buku yang penuh ilustrasi, namun diberi penjelasan dari kata-katanya.  

Menurut Abang, cerita ini menjelaskan tentang pola.  Titik-titik yang dimiliki dan berjatuhan dari si Mr Polka berjatuhan dan membentuk garis, bidang dan banyak bentuk.  Abang senang membacanya, selain gambar ilustrasinya bagus, juga lebih mudah dipahami.  Abang merasa belajar matematika menjadi lebih menyenangkan dengan sebuah cerita.


dokpri - sengaja ambil foto dari belakang biar ga ketahuan ^^

dokpri-Judul buku yang dibaca

Oh iya, buku ini terbitan tahun 2011, Satu tahun setelah Abang lahir.  Hampir mendekati tantangan membaca buku di tahun penerbitan saat lahir.  hehee..  Meskipun buku ini terbitan lama, tapi masih bagus dan layak dibaca.  terutama dibagian sampul buku juga dijelaskan usia yang pas untuk membaca buku ini adalah 7+ ^^

Buku ini tidak dibaca oleh adek, tapi adek sesekali melihat abangnya saat membaca.  Jadi bukan umi yang membacakan.  Justru abangnya yang menjelaskan.  Maaf ya dek, bukunya bukan buat usia adek, tapi gambarnya seru kok dilihatin adek :)

Ketiga.  Buku berjudul Ensiklopedia Kiamat.  Pengarangnya Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar.  Dari list tantangan, dengan jumlah halaman 734, maka buku ini masuk dalam halaman yang lebih dari 400 halaman.  Selain itu menurut babah, buku ini adalah rekomendasi dari teman kantornya.  Buku yang ada terjemahan didalamnya, karena buku ini sebenarnya masuk dalam kategori buku agama.  Beberapa hadist dan ayat disertakan dalam buku ini.  O iya, sebenarnya buku ini adalah buku yang belum terselesaikan hingga hari ini, hehehe.... kebiasaan babah yang lebih menyenangi e book, cukup membuat babah sering menunda buku dalam bentuk fisik real buku.  Jadilah babah mencobanya kembali.  


dokpri - ketika babah bisa serius tanpa mengantuk membaca buku dengan wujud real

Karena buku ini sebenarnya sudah cukup lama ditinggalkan, babah membacanya mulai dari halaman 32.  Cerita tentang sekarat yang merupakan lanjutan dari alam barzah.  tidak begitu detil kisahnya diceritakan babah.  Katanya sih lebih baik aku membacanya sendiri.  biar lebih memahami isi bukunya :p .  Buku ini berhasil dibaca hingga halaman 116.  Cukup pegang rekor si pembaca e book sebelum akhirnya menyerah, kemudian mengundurkan diri untuk tidur..hihiii...  Semangat babah.  besok dilanjutkan lagi ya.

Begitulah cerita kegiatan kami membaca buku.  Aku yang menjadi pemenang hari ini.  Membaca buku pinjaman, memang harus segera diselesaikan.  Namun lebih dari itu, cerita yang mengalir dan membuat kita terhipnotis memang membuat kita bisa berlama-lama membaca buku hingga akhir.  

Buku tracker . 1 - dokpri



Besok baca buku apa lagi ya...

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst


Komentar

Postingan Populer