Pekerjaan apa yang menjijikkan?

Ensiklopedia Junior Pekerjaan adalah buku yang dipilih abang menutup malam sebelum beranjak tidur.

Di buku ensiklopedia dijelaskan bermacam pekerjaan secara ringkas namun padat.  Berbeda dengan adek yang belum move on dari jijikologi. 

Awalnya Abang membaca buku berjudul ulat.  Duduk bersebelahan dengan adek yang melihat ilustrasi buku sambil aku bacakan ceritanya secara perlahan serta interaktif.  Rupanya abang sedikit terganggu dan pindah posisi sekaligus mengganti judul bukunya menjadi ensiklopedia pekerjaan.

Namun yang terjadi setelah membaca beberapa lembar buku, malah membuatnya berkomentar.
"Umi, pekerjaan apa ya, yang tidak ada menjijikkannya?"  Tanyanya kepadaku.

"Memang pekerjaan apa yang abang baca? Kok malah ada bilang menjijikkan?" Tanyaku balik

"Soalnya abang kedenger juga cerita buku yang umi baca semua yang menjijikkan.  Nanah, bisul, kentut, hiiiyss, tutup hidung, kayak abang klo masuk angin kentut. hahaha... ", Ujarnya sambil tertawa. 

"Hahaha..." Adek ikut tertawa kencang, sementara aku jadi penasaran apa yang ada dipikirannya. 

Setelah berpindah posisi baca (dokpri) 

"Pekerjaan apa yang sudah abang baca? Menjijikkan gak? Tanyaku balik.


" Ini, kalo jadi petani buat tanaman, kata umi kan bagus pakai pupuk dari tahi sapi. Ada juga pekerjaan di pelabuhan, kalau yang benerin kapal  ada oli semua tangannya, ada nelayan juga pegang ikan amis, ada lagi yang pekerjaannya dengan hewan, mandiin, bersihkan kandang, banyak kan Umi?" Jelasnya lebih panjang.

"Ihh menjijikkan.  Tapi adek bisa pegang ikan, tidak apa-apa.  Adek juga bisa bantu umi main tanah.  Kalau kotor, cuci tangan aja kan umi?" Adek tidak mau kalah berpendapat.

"Iya sih bang, tiap pekerjaan ada enak sama ga enaknya.  Tapi kalo abang suka, biasanya gak enaknya jadi lupa.  Petani menanam dengan pupuk dari kotoran.  Mana ada petani merasa jijik.  Malah dikerjakan bertahan-tahun. Sepertinya sih begitu.  Jijik menurut abang, belum tentu oleh orang lain.  Ujarku mencoba untuk menjelaskan, walaupun sebenarnya sempat bingung mau jawab pekerjaan apa ya?

Adek dan abang membaca buku bersama (dokpri) 

Beginilah aktifitas membaca kami.  Membaca sekaligus diselingi obrolan.  Kadang-kadang nyambung, kalau tidak ya tidak apa juga sih... 

Aku membaca buku yang sama dengan adek.  Dan babah hanya menutup hari dengn membaca koran. Hehee...

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan Populer