Nanti ya...



Menyelipkan waktu diantara kegiatan lainnya bersama anak-anak itu apakah berat? Sejujurnya sih gak apalagi ketika anak-anak sudah mulai bisa bermain sendiri, sudah mulai memilih sesuatu hingga sudah bisa mengatasi kebosanan dengan caranya sendiri. 

Seperti hari ini, sesi menggunting lebih dianaktirikan dibandingkan menggambar menggunakan spidol berwarna pink, tidak mengapalah.  Tidak ada yang sia-sia.  Meskipun umi akhirnya tidak mengambil foto saat seru menggambarnya. Hehee...

 “Apa itu Umi?” Pertanyaan awal yang biasa sering dilontarkan bocah. 

“Emang apaan?” Tanyaku iseng untuk anak sekecil itu.  Halaah... Umi macam apa ini?

“Kertas, Spidol, gunting.” Jawabnya jelas

“Iyaa... tuuh Adek sudah tahu” Kataku akhirnya.  Bukannya apa-apa, tapi terkadang umi juga pengen apa-apa..., ini anak kecil  terkadang suka nanya uminya juga dengan sesuatu yang cukup abstrak,  Seperti ini misalnya. “Umi, tahu spongebob?”

“Iya tahu? Emang kenapa dek?” Jawabku meyakinkan

“Adek mau Patrick bukan Spongebob.  Beliin ya Umi” Pintanya

Looh... ini nanya Spongebob tapi minta Patrick.  Maksudnya apa coba? Dalam bentuk apa itu? Beli dimana? Begitu ditanya, dapetnya dimana dek? Jawabnya lewat kiri, kanan dan ujungnya bilang, “Umi kan Tahu”  Disitu Umi langsung ngerasa, sebaiknya tadi gak bilang tahu. 

Dan begitu bocah cerita panjang lebar kalau rasanya manis, enak, adek suka hingga rasa strawberry dan dingin.  Umi baru ngeh, bahwa itu adalah ice cream yang gambarnya ditunjuk beberapa hari lalu saat melihat seorang anak makan dengan lahapnya ketika kami baru keluar dari Bank. OMG!

Eh, ceritanya jadi ngalor ngidul begini :p Yaah.. itu alasan kenapa terkadang umi juga pengen nanya iseng.   Jadi Akhirnya saya gambar tuh kertas sisa yang masih bisa digunakan bagian belakangnya berbentuk garis dan lengkung menggunakan spidol pink.  Sementara guntingnya saya letakkan di dekat adek.

Adek memegang gunting, gambar saya berikan.  Dan ini videonya:



Dan pada akhirnya, “Nanti ya Umi...” Kemudian mengambil spidol pink, lalu mulai menggambar bebas. 

Dalam waktu yang singkat, saya hanya bisa menyimpulkan kegiatan menggunting, visual dan kinestetiknya berperan, namun ketika bicara nanti..., mungkinkah sebenarnya auditorynya jauh lebih dominan? Dan saya melakukan kesalahan dengan membuat gambar di ujungnya.  Maksudnya ingin lebih menarik, ternyata adek terlihat seperti ingin menggunting sesuai bentuk.  Next play, langsung sajalah buat garisnya. Hmm...

Mari terus mengamati

#harike7
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Komentar

Postingan Populer