5 Tips Hidup Sehat ala Mom Homeschooler

homeschooling

Kalau ditanya tips hidup sehat versi kamu, aku gak bisa bilang sesuatu yang super teori seperti teman-teman yang memang menjalankan pola hidup sehat sebagaimana mestinya. 

Memang siapa sih yang gak mau sehat? Semua orang akan berteriak, "Aku pengen sehat!".  Tapi kenyataan tak seindah teori yang sering ditemukan dibuka-buku kesehatan, jika kamu bertipe orang yang kurang konsisten hidup sehat seperti umumnya, dengan kebiasaan accidental ala ibu rumah tangga yang masih memiliki bocah kecil, tak punya asisten rumah tangga dan memiliki karakter enjoy your Life.  

Uppss..., jangan diikutin loh ya! Tapi... Lagi-lagi sehat itu relatif.  Alih-alih berpikir pola hidup sehat,  namun kamu merasa terbebani dengan aturan dan jadwal yang ketat, aku akan mencoba untuk menyehatkan jiwa dan pikiran terlebih dahulu, kemudian beralih ke fisik hingga menjadi kesehatan yang sempurna.

Dan taraaa... Inilah versi hidup sehat ala saya sebagai mom homeschooler.


Pernah berpikir bahwa hidup kamu berat, banyak tantangan, mentok dan gak tau harus berbuat apa-apa, namun kamu sudah memilih dan meyakini itu lebih baik daripada hal lainnya? 

So gaes..., mom homeschooler juga seorang manusia yang ingin sehat jiwa dan pikirannya, tapi juga bukan manusia sempurna dan selalu bisa melakukan sesuatu hingga level tertinggi sebuah kehidupan.  Jadi, langkah  yang harus kamu ambil ketika kamu diposisi blank, versi aku adalah:

1. Tarik nafas, rehat sesaat, dan mood akan terjaga
Inilah salah satu cara paling makjleb dalam kehidupan mom homeschooler.  Penuh dan sesak, dari saat pms, atau mentok bagaimana menemukan pola bersama anak, maka hentikan semuanya.  Tarik nafas dan rehat sejenak.  Maka mood kamu akan terjaga, pikiran menjadi tenang, ide baru akan bermunculan.  Kemudian kehidupan akan kembali sehat.

2 tetap isi perut, jangan biarkan kosong
Kalau kamu emosi, coba cek isi perutmu.  Jam berapa terakhir kamu menikmati hidangan? Apakah perutmu sudah mulai meronta?  Sebelum emosimu meledak dan membuatmu tidak sehat, lebih baik segera ambil cemilan, minimal sepotong biskuit bergula.  Mungkin saja kadar gula darahmu turun, dan itu bisa membuatmu spanning ketika menghadapi masalah kecil.

3. Minum air putih
Yupp! Segelas air putih dapat meredakan kering kerongkongan dan kabur tatapan matamu.  Hingga mengembalikan energi sadarmu dari sebuah kelinglungan sesaat karena dehidrasi sehabis berpikir keras membuat kesepakatan belajar bersama anak, misalnya.

4. Relax, positif thingking
Relax.  Tidak semudah yang dikatakan, namun woles mungkin lebih mengena.  Saat kamu berpikir, "Aakhh..., mari kita pikirkan perlahan, semua akan ada solusinya", maka jiwamu membuat pikiranmu lebih bersih dan sehat, hingga rasa pusing kepala bahkan meriang dan kemeng-kemeng dapat terhindar secara otomatis.

5. Sediakan waktu me time
Bagian ini adalah yang sering diperdebatkan.  Jika sudah memiliki keluarga, apakah masih ada me time? Masih dong..., mojok dipojokan sambil baca buku favorit, walaupun hanya setengah jam saja.  Jika itu adalah me timemu, maka sempatkan dan lakukan. 

Tapi bagaimana jika hobinya travelling? Itu saya dulu.  Tenang gaes..., masih bisa diganti dengan minimal jalan ke warung depan rumah.  Itu juga termasuk travelling bukan? (bukaaannn...#eh..hahaha)
Wokeehh.. Begitulah tips sehat ala mom homeschooler.  Sehat jiwa, raga, membuat fisik dan energimu terus terjaga.

Salam!

Komentar

Postingan Populer