Kamu Ke Palembang? Wajib Mengunjungi Tempat Makan Ini!


Bicara soal makan, bicara soal selera.  Bicara rumah makan, bicara soal dana.  Hahaha... sejujurnya aku bukan tipe penikmat makan.  Tidak ada makanan yang menjadi kesukaanku luar biasa selain ikan sambel buatan alm mamaku.  Apalagi jika diminta membahas mengenai rumah makan favorit.  Kapan saja dan dimana saja, ketika sedang jam makan. Apalagi jika sedang sangat lapar, tidak akan berlaku rumah makan favorit.

Namun, karena ini lagi-lagi tantangan, maka kan kucoba membahas rumah makan yang wajib dikunjungi saat sedang berlibur ke Palembang.  Oke, kita mulai ya...

1.  RM Sri Melayu
Rumah makan ini terletak di Jl. Demang Lebar Daun No. 1 (Samping Istana Gubernur)
Palembang – Sumatera Selatan (0711 – 420468 / 0711 – 420690)
Dengan lahannya yang luas plus suasana yg sangat nyaman rindang penuh pepohonan dan kolam ikan. Luasnya tempat ini jadi ngak perlu ngantri coz bisa langsung duduk dan pelayanan nya juga cepet banget.  Berbagai jenis pindang disajikan di sini.  Seperti yang pada umumnya sudah tahu, pindang merupakan makanan khas yang memiliki kaya cita rasa.  Ada rasa asem manis yang menyegarkan.  Namun dari semua pindang yang disajikan, menurut aku, pindang udang merupakan pilihan recomended jika menikmati hidangan di sini.  Rasa udang yang manis segar, membuat pindang semakin nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

2.  RM Selendang Mayang
Jika kamu orang Palembang Asli, seharusnya tahu dengan rumah makan yang menyajikan makanan khas palembang, yaitu pindang.  Namun pempeklah yang menjadi juara di rumah makan ini.  Meskipun tempatnya kecil, dan mungkin kurang strategis.  Rasa pempek yang gurih dengan adonan sagu dan ikan, namun tidak berasa asin, rasanya semakin nikmat dengan cuko palembang yang kental dan lezat.  Selain rasanya yang oke punya, harganya lebih bersaing dibandingkan dengan rumah makan sejenis yang menjual pempek juga.  RM Selendang Mayang dapat kamu mampiri jika kamu berada di Jl. Slamet Riady No.74, 11 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111 (Hp: 0853-6925-8056)

3.  Martabak HAR
Martabak HAR sangatlah banyak cabangnya di Palembang.  Dengan mudahnya kita dapat menemui tempat menjual martabak HAR yang merupakan salah satu ciri khas jika kamu mengunjungi kota Palembang.  Dari semua rumah makan yang menjual martabak HAR, yang berlokasi di Jl. Kebumen Darat No.700, 16 Ilir, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111 merupakan tempat makan martabak yang menurut aku enak.  Selain martabaknya yang gurih, kuah karinya kental dengan potongan kentang dan daging yang cukup banyak diberikan ke konsumen.  Tempatnya memang nyempil, kalau baru pertama kali datang ke sana, mungkin tidak terlihat atau terlewat.  Namun sangat disayangkan jika tidak mencicipi martabak HAR yang dijual dan berlokasi di sana.

4. Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i
Seperti halnya martabak HAR, mie celor juga mudah ditemukan di Palembang.  Mie dengan kuah kental yang mengandung santan plus rasa udang tidak lupa taburan seledri, bawang goreng juga telur rebus sebagai pelengkapnya membuat mie celor wajib disantap saat kamu mengunjungi Palembang.  

Namun dari semua rumah makan yang menawarkan mie celornya, hanya di mie celor 26 Ilirlah yang menurut aku lezat dan nikmat.  Walaupun tempatnya lebih mirip warung makan dibandingkan rumah makan, dengan rasanya yang juara, membuat rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung.  Jika kamu suka udang, mie celor 26 ilir memberikan cita rasa udang yang gurih.  Kepala udang yang sering diselipkan dalam 1 porsi mie celor, semakin membuat mie celor di sini lebih terasa luar biasa. 

Mie celor 26 Ilir HM Syafei, dapat di temukan di alamat jl. Merdeka no 54, Talang Semut, Ilir Barat I, Palembang

5. Es Belimbing di Sayangan
Sebenarnya tempat ini tidak bisa disebut rumah makan apalagi resto.  Bahkan disebut warungpun, aku masih ragu. Tapi sejak aku mengenal es belimbing di sini dari alm mama tercinta, aku langsung jatuh cinta.  Nampaknya sederhana, hanya es dengan air belimbing dan belimbing, namun kenyataannya memiliki cita rasa asam manis dan segar. 

Penjual es belimbing di sayangan rupanya sudah dari generasi ke generasi.  Wajar saja rasanya spesial dan belum ada yang bisa menyamai. 

Jika kamu melewati pasar buah di Sayangan, maka kamu bisa menemukan lorong kecil, dan disanalah es belimbing dijual.  Hanya ada meja kecil dengan kursi panjang sebagai tempat duduk pengunjung sambil menyeruput es belimbing yang menyegarkan sehabis berbelanja di pasar Sayangan hingga pasar 16 Ilir. 

Itulah 5 tempat makan yang wajib dikunjungi jika kamu liburan, jalan-jalan ke Palembang. Jangan lupa ya...!


Komentar

Postingan Populer