Finishing Touch



Alhamdulillah family project kami selesai di hari ke10 penulisan project.  Dari perencanaan, ngobrol-ngobrol, mendata anggota keluarga, mengontak anggota keluarga melalui telepon dan whatsapp, belanja seru hingga kehujanan, memotong, melipat, menempel, termasuk mencari gambar untuk di print.
Proses panjang ini kami lakukan dengan beberapa perdebatan, perbedaan keinginan, kebingungan, hingga mencari solusi.

Meningkatkan dan melatih kecerdasan anak, akan terasa menyenangkan jika dibuat lebih santai dan berjalan alami.  Anak-anak biasanya tidak akan merasa terintimidasi sehingga rasa percaya diri akan keluar dan membuatnya lebih menggali kemampuan serta potensinya. 

Dilansir dari pinterest, ada beberapa jenis kecerdasan yang dapat dilihat dari infographic, yaitu sebagai berikut. 

Gambar infographic (sumber : pinterest)

Sejujurnya ide  awal proyek ini adalah kekurangpahaman informasi kekerabatan keluarga dari kami orangtuanya.  Oleh karena itu, kami akhirnya berpikir untuk lebih membuat anak-anak paham bagaimana posisi dan statusnya dalam silsilah keluarga, minimal keluarga terdekat saja.  Seperti yang pernah diceritakan, membuat kami orangtuanya juga tidak kalah bersemangat.

Hari ini adalah saatnya sentuhan akhir.  Pemberian gambar, menempel pola yang diinginkan dan terakhir membungkusnya dengan plastik agar tidak mudah rusak, semuanya berjalan lancar.  Hasilnya dapat digunakan sebagai pembelajaran anak-anak,  dapat terus dipasang hingga saatnya perombakan jika ada tambahan anggota keluarga terdekat.


Kolase pembuatan (diwakili  foto adek) dan hasil akhir.

Jika berpikir project branch family merupakan kegiatan remeh temeh, nyatanya dalam prosesnya, ada beberapa catatan yang dapat dievaluasi diantaranya kita sebagai orangtua harus pintar-pintar mengatur waktu pembuatan, terutama jika salah satu anggota keluarga usianya masih muda.  Hal tersebut dapat mempengaruhi moodnya, dan bisa saja bukan membantu justru akan menghancurkan (hehehe...).  Tidak lupa juga sebelumnya sudah diberikan penjelasan dengan harapan anak apa dan bagaimana project tersebut akan dikerjakan.

Point penting yang saya rangkum dari manfaat pengerjaan project ini adalah :
1.  Belajar mengenal silsilah dan struktur keluarga (ayah, ibu, paman. Bibi, maupun sepupu)
2. Mengajarkan anak mengenal sebuah intruksi
3. Mengembangkan kreativitas
4.melatih kemampuan motorik dari kegiatan seperti menempel, menggunting, dan melipat
5.melatih kesabaran dan ketelitian
6.keintiman dan kelekatan keluarga dalam project family yang dilakukan bersama-sama
7.membangun rasa percaya diri dalam memberikan ide serta bertanggung jawab setelah mengambil keputusan, dan (mungkin) yang  belum terpikirkan sebelumnya.
8.melatih kerjasama tim dan empati
9.membuat anak kritis dan aktif
10. Hmm... Apa lagi ya? 

Bisa jadi masih banyak potensi yang bisa dikeluarkan dalam sebuah proyek bersama dengan seiringnya waktu akan terus terasah dan semakin muncul - @her.lya.inda 

Bagaimana dengan Kamu?

#Day10
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam


Komentar

Postingan Populer