Jika Mau, Maka Mampu



Menyapu teras adalah pelatihan kemandirian mengerjakan pekerjaan domestik.  Mungkin akan banyak yang berpikir atau mencela, seperti gak ada habis-habisnya ini emak-emak ngasih tugas ke anak kecil, laki-laki pula yang semestinya kerjaan seperti itu lebih pantas dibebankan pada anak perempuan.

Yahh..., beberapa orang yang melihat akan merespon berbeda-beda.  Ada yang memuji dengan mengatakan,”Rajin ya...”.  Ada pula yang berkata, “Anak cowok koq nyapu?” .  Ada juga yang bisa bicara, “Uminya sibuk apa?” .  Entahlah..., semua respon itu baik jujur atau tidak, kenyataannya tidak terlalu mempengaruhiku.  Banyak hal menarik yang sebenarnya dapat diambil dari proses menyapu teras sebelum berangkat beraktifitas.

Manajemen waktu, proses menghargai, melayani, tekun, teliti, kerja keras, hingga tnggung jawab dan mungkin masih banyak hal lain yang bisa dipelajari dari proses menyapu teras.  Waah! Sampe sebegitukah? Yaah... kalo pakai kasat mata sih, lebih kepada lumayan sia-sia, bersih banget juga kagak!terus ngapain mesti buang-buang waktu buat ngerjain kerjaan begituan?

By the way, sekali lagi tidak ingin berpikir keras.  Perasaanku mengatakan pekerjaan ini sebenarnya bisa dilakukan oleh Altair.  Aku tidak menyepelekan hah asasi anak-anaknya.  Tidak memintanya langsung sempurna.  Tidak apa masih dengan gaya menyapu seperti mendorong mobil.  Tapi ada sebuah kata yang ingin aku latih untuk anan-anakku.  Sebuah Kemauan!

Altair mau, itu adalah awal kebahagiaan.  Maulah terus menerus, maka suatu hari bukan tidak mungkin akan menjadi mampu.  Bukan hanya tentang menyapu teras, tapi bisa tentang banyak hal, bahkan menjadi lebih istimewa.

Hingga hari ini, Altair mau menyapu teras.  Jika tidak sempat di awal berangkat, kemudian waktu pulang dan seketika teringat, Altair akan menyapu teras kecil depan rumah kami.  Aku tidak akan mengingatkannya kembali.  Karena sekarang bukanlah tentang bicara tugas, namun sebuah kemauan hingga nanti menjadi sebuah kemampuan.

#Day3.3
#Harike16
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan Populer